Friday, September 19, 2014

Rasio Perbandingan Tank yang Hancur dan Dihancurkan dari Unit Tank Berat Wehrmacht



Catatan:
* Unit tank berat disini maksudnya adalah unit yang berkekuatan tank-tank berat semacam Panzerkampfwagen VI "Tiger" dan "Königstiger". Panther atau Panzer IV tidak masuk ke dalam kategori ini karena mereka "hanya" tank medium, sementara Jagdtiger atau Ferdinand/Elefant masuknya Panzerjäger (pemburu tank alias self-propelled weapon) dan bukan tank murni.
* Lebih dari 50% dari jumlah 1.715 tank berat Jerman yang menjadi korban dalam Perang Dunia II diakibatkan oleh tank yang dihancurkan sendiri oleh awaknya karena berbagai sebab (takut jatuh ke tangan musuh, ketiadaan bahan bakar, masalah mesin dan lain-lain)! Jumlah ini mencakup juga kehilangan selain dari dihancurkan oleh musuh, seperti misalnya tank yang dirampas atau jatuh ke tangan musuh dalam keadaan yang masih berfungsi
* Unit dengan jumlah penghancuran terbanyak tank musuh adalah schwere Panzer-Abteilung 503 yang berhasil membabat habis 1.700 tank!
* Unit dengan jumlah kehilangan terbanyak juga adalah schwere Panzer-Abteilung 503 yang kehilangan 252 panzernya di medan perang karena berbagai sebab.
* Unit dengan rasio paling dahsyat (16,67) adalah 13.Kompanie / Panzer-Regiment "Großdeutschland" yang berhasil menghancurkan 100 tank lawannya di medan perang sementara hanya kehilangan 6 Tiger! Ini berarti untuk satu Tiger yang menjadi korban, unit tersebut menghancurkan 16 tank musuh!
* Unit dengan rasio paling kecil (1,28) adalah schwere Panzer-Abteilung 508 yang menghancurkan 100 tank musuh dan kehilangan 78 tanknya.
* Kesimpulannya: TIDAK ADA unit tank berat Wehrmacht yang kehilangan tanknya lebih besar dari penghancuran tank musuh-musuhnya. Karenanya saya hanya akan berucap: RESPECT!!


Sumber :

No comments: