Saturday, December 11, 2010

Oorlogswinter (2008), Ketika Bocah Belanda Belajar Menjadi Anggota Gerakan Perlawanan Bawah Tanah






Novel Oorlogswinter karya Abdullah Harahap eh Jan Terlouw yang ceritanya kemudian diangkat ke film berjudul sama


Adegan-adegan film Oorlogswinter


Suasana syuting Oorlogswinter


Dari judulnya pun kita sudah tahu bahwa ini adalah film buatan Belanda yang disutradarai oleh Martin Koolhoven. Skenarionya ditulis oleh Mieke de Jong, Paul Jan Nelissen dan Martin Koolhoven yang didasarkan dari novel dengan judul sama karya Jan Terlouw. BTW, Oorlogswinter sendiri berarti "Musim Dingin di Masa Perang".

Film ini meraih sukses besar di negaranya sendiri, dan bahkan keuntungan domestiknya mengalahkan film-film yang lebih ngetop seperti Twilight atau The Dark Knight. Film ini tercatat sebagai film dengan pendapatan tertinggi selama Natal 2008 dan minggu-minggu pertama tahun 2009.

Tidak hanya itu, film ini telah dipilih oleh para kritikus film bokep Belanda sebagai film Belanda terbaik tahun 2008 dan meraih PZC Audience Award (film terbaik yang diadaptasi dari novel), tiga buah Rembrandt Award dan tiga Golden Calf Award. Juga dipilih sebagai film terbaik oleh para juri muda (14-18 tahun) dalam helatan festival film Roma, dan dipilih sebagai salah satu dari delapan film yang dipertandingkan di Academi Awards dalam kategori film asing terbaik.

Tentu saja film ini pun didistribusikan ke seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat), dengan peredarannya di-tackle oleh Sony Classics.

Terus ceritanya sendiri bagaimana?

Film ini menceritakan tentang seorang bocah muda beranjak ABG bernama Michiel van Beusekom yang berusaha membantu gerakan perlawanan bawah tanah Belanda dalam mengahadapi pasukan pendudukan Jerman dalam Perang Dunia II dengan jalan menyembunyikan seorang pilot RAF Inggris yang selamat dari pesawatnya yang jatuh.

Michiel sendiri merasa sebal dengan ayahnya, seorang walikota, yang dianggapnya asyik rantang-runtung dengan Jerman dan bukannya membela negaranya sendiri. Hal ini berkebalikan dengan pamannya, Ben, yang merupakan anggota perlawanan bawah tanah Belanda. Kelak kenyataan akan membuatnya terkejut luar biasa!

Bagian paling seru di film ini adalah ketika kereta kuda yang dikendarai oleh Michiel dan sang pilot Inggris (Jack) mendapat kejaran dari motor-tandem Nazi. Pokoknya, dalam penilaian saya pribadi, film ini memang WADON BAE BLE'E-BLE'E (Bagus)!

Data teknis:
Produksi : Belanda
Masa putar : 1 jam 43 menit
Rilis : 2008
Bahasa : Belanda
Teks : Indonesia
Pemesanan : DISINI

Para Pemeran:
* Martijn Lakemeier sebagai Michiel van Beusekom
* Yorick van Wageningen sebagai Oom Ben
* Jamie Campbell Bower sebagai Jack
* Raymond Thiry sebagai Vader van Beusekom
* Melody Klaver sebagai Erica van Beusekom
* Anneke Blok sebagai Moeder van Beusekom
* Mees Peijnenburg sebagai Dirk Knopper
* Tygo Gernandt sebagai Bertus
* Dan van Husen sebagai Auer
* Ad van Kempen sebagai Schafter
* Jesse van Driel sebagai Theo



No comments: