Sunday, December 19, 2010

Pemeran-Pemeran Tentara Wehrmacht dan Tokoh Nazi Jerman Paling Dikenang Dalam Film!

Komedian legendaris Charlie Chaplin dalam film "The Great Dictator" (1940) yang menyindir habis-habisan Hitler dan Nazi Jerman. Disini dia berperan sebagai seorang diktator konyol dari negara antah-berantah Tomania bernama Adenoid Hynkel


Hans von Twardowski berperan sebagai Reinhard Heydrich dalam film "Hangman Also Die" (1943) yang menceritakan tentang peristiwa pembunuhan sang SS-Obergruppenführer sadis


Erich Stroheim sebagai Generalfeldmarschall Erwin Rommel dalam film "Five Graves to Cairo" (1943). Ingat, film ini dibuat sewaktu Perang Dunia II sedang seru-serunya berkecamuk!


James Mason memerankan Generalfeldmarschall Erwin Rommel dalam film "The Desert Fox" (1951)


James Mason sebagai Oberst Brandt dalam film "Cross of Iron" (1977)


Otto Preminger sebagai Oberst Von Scherbach (kanan) dalam film "Stalag 17" (1953). Preminger sebenarnya terkenal sebagai seorang sutradara, hanya saja di film ini dia murni berperan sebagai aktor belaka


Peter Finch sebagai Kapitän zur See Hans Langsdorff dalam film "The Battle of the River Plate" (1956) yang menceritakan tentang perburuan kapal Graf Spee. Perhatikan adler di topi yang dikenakan Langsdorff eh Finch! Tampaknya si pembuat film kurang riset dulu sebelumnya!


Joachim Hansen sebagai jagoan Luftwaffe Hauptmann Hans-Joachim Marseille dalam film "Der Stern von Afrika" (1957)


Joachim Hansen sebagai Oberleutnant Wisse, seorang perwira muda di Stalingrad dalam film "Hunde, wollt ihr ewig leben" (1959). Mau tahu apa terjemahan judulnya? "Anjing, Apakah Anda Ingin Hidup Selamanya?"


Satu-satunya tawanan Jerman yang berhasil melarikan diri dari kamp tawanan Sekutu di Inggris adalah pilot Luftwaffe Franz von Werra. Kisah hidupnya difilmkan dengan judul "The One That Got Away" (1957). Sebagai pemerannya adalah aktor Jerman Hardy Krüger (bernama lengkap Franz Eberhard August Krüger)


Hannes Messemer sebagai Leutnant Bleck dalam film "Der Transport" (1961). Versi internasionalnya dikasih judul "Destination Death"


Dalam film "The Great Escape" (1963), aktor Jerman Hannes Messemer berperan sebagai komandan kamp Oberst Luger dari Luftwaffe. Pada kenyataannya dia adalah veteran Wehrmacht dalam Perang Dunia II dan pernah menjadi tawanan Rusia selama bertahun-tahun!


Paul Scofield (kiri) sebagai Oberst Franz von Waldheim yang fanatik dan pantang menyerah dalam film "The Train" produksi tahun 1964

Hannes Messemer lagi. Kali ini dia berperan sebagai Generaloberst Alfred Jodl (kiri) dalam film "Is Paris Burning?" (1966) yang diambil dari buku best-seller karya Larry Collins dan Dominique Lapierre. Yang berperan sebagai Adolf Hitler adalah Billy Frick


Gert Fröbe (sebagai General der Infanterie Dietrich von Choltitz) dan Yves Montand tertawa bersama dalam film "Is Paris Burning?"


Joachim Hansen sebagai Hauptmann zeni Otto Baumann (tengah) dalam film "The Bridge at Remagen" (1969)


Klaus Kinski (aktor Jerman bernama lengkap Nikolaus Karl Günther Nakszyński yang merupakan ayah dari artis cantik Nastassja Kinski) sebagai SS-Standartenführer Hans Müller dalam film "Five for Hell" (1969)


Joachim Hansen sebagai Hessler (kiri) dalam film "Im Netz der Abwehr" (1970)


Joachim Hansen sebagai Oberst Claus Graf von Stauffenberg dalam miniseri dua bagian "Operation Walkure" yang ditayangkan di ZDF tahun 1971 dan kemudian dirilis ulang tahun 1973. Disini diperlihatkan Stauffenberg (kanan) sedang bersama General der Infanterie Friedrich Olbricht


Leo McKern berperan sebagai Generalleutnant Kurt Mälzer dari Luftwaffe (komandan pasukan Jerman di Roma), sementara Richard Burton berperan sebagai Obersturmbannführer Herbert Kappler dari Sicherheitsdienst dalam film "Massacre in Rome" (1973) yang diambil dari kisah nyata pembantaian gua Ardeatine


Joachim Hansen sebagai seorang SS-Obergruppenführer dalam film "The Eagle Has Landed" (1976) yang berkonfrontasi dengan Oberst Kurt Steiner gara-gara masalah Yahudi di stasiun kereta api


Dieter Eppler sebagai jagoan kapal selam Günther Prien yang menerobos Scapa Flow dalam film "U47 Kapitänleutnant Prien" (1958)


Si tampan Marlon Brando dalam film "The Young Lions" (1958) sebagai Leutnant Christian Diestl. Nggak nyangka kan kalau si tampan ini kemudian berubah menjadi bapak-bapak super gendut dalam "The Godfather"?


Kalau anda menonton film "The Longest Day" (1962) yang menceritakan tentang pendaratan Sekutu di Normandia, tentunya tahu sersan Wehrmacht gendut pengantar kopi (Kaffeeklatsch) yang lari tunggang langgang ketika artileri kapal-kapal perang Sekutu menghantam lingkungan di sekitarnya? Sersan ini diperankan oleh Gert Froebe


Keluarga Rommel dalam film "The Longest Day". Dari kiri ke kanan: Manfred Rommel (Michael Hinz), Lucie Maria Mollin alias Frau Rommel (Ruth Hausmeister) dan Erwin Rommel (Werner Hinz)


Paul Hartmann sebagai Generalfeldmarschall Gerd von Rundstedt (kiri) dan Curt Jürgens sebagai General der Infanterie Günther Blumentritt dalam film "The Longest Day"


Richard Munch sebagai General der Artillerie Erich Marcks dalam film "The Longest Day". Yang menarik dari jenderal pincang ini adalah bahwa pendaratan Sekutu di Normandia bertepatan dengan hari ulang tahunnya (seperti yang diperlihatkan dalam still film di atas), dan dia meninggal 6 hari setelahnya (12 Juni 1944) karena terkena serangan udara Sekutu ketika sedang menginspeksi pasukannya! Cuman sayang pemeran jenderal Marcks tidak total dalam berakting, setidaknya dalam hal kesamaan fitur utama dari muka Erich Marcks: hidung yang rompal! Ini dia foto asli si jenderal


Heinz Reincke sebagai pilot jagoan Luftwaffe Oberstleutnant Josef "Pips" Priller dalam film "The Longest Day"


Karl John berperan sebagai Generalleutnant Luftwaffe Wolfgang Häger (kiri) dalam film "The Longest Day". Tokoh ini adalah fiktif karena tidak ada Generalleutnant Luftwaffe yang bernama Häger!


Peter van Eyck berperan sebagai Oberstleutnant Ocker dalam film "The Longest Day", yang tidak percaya perkataan Major Werner Pluskat bahwa ada 5000 kapal perang Sekutu sedang bersiap mendarat di pantai Normandia!


Hans Christian Blech sebagai Major Werner Pluskat dalam film "The Longest Day". Tahukah anda bahwa aktor kawakan asal Jerman ini sebenarnya memang merupakan veteran Wehrmacht dalam Perang Dunia II dan bertempur di Front Timur dimana dia kemudian mendapat codetnya yang terkenal itu? Dahsyat!


Film terkenal lain yang menampilkan Hans Christian Blech adalah "Battle of the Bulge" (1965), dimana dia berperan sebagai Kopral Conrad yang menjadi supir Oberst Martin Hessler yang diperankan oleh Robert Shaw


Robert Shaw (Oberst Martin Hessler, kiri) dan Karl-Otto Alberty (Major von Diepel) dalam film "Battle of the Bulge" (1965). Pasangan yang muanteb sudarsono!


Werner Peters sebagai Jenderal Köhler dalam film "Battle of the Bulge"


"Hogan's Heroes" adalah serial sitkom militer terkenal di Amerika yang diputar dari tahun 1965 sampai dengan 1971. Serial ini menceritakan tentang suasana di kamp tawanan Jerman yang dikelola Luftwaffe dan berisi tahanan Sekutu. Dua tokoh "Nazi" yang menonjol dalam film ini adalah Oberfeldwebel Hans-Georg "Papa" Schultz (kiri, diperankan oleh John Banner) dan komandan kamp Oberst Wilhelm Klink (kanan, diperankan oleh Werner Klemperer)


Peter O'Toole sebagai jenderal Tanz yang terlibat dalam pembunuhan seorang pelacur di Warsawa dalam film "The Night of the Generals" (1967)


Derren Nesbitt sebagai perwira Gestapo SS-Sturmbannführer Von Hapen dalam film "Where Eagles Dare" (1968)


Robert Vaughn sebagai Major Paul Krueger dalam film "The Bridge at Remagen" (1969)


Peter van Eyck sebagai Generaloberst von Brock dalam film "The Bridge at Remagen" (dirilis di Jerman dengan judul "Die Brücke von Remagen"). Tokoh von Brock sendiri adalah fiksi, karena saya tidak menemukannya di dalam daftar jenderal Wehrmacht serta daftar peraih Ritterkreuz!


Helmut Griem sebagai Kapitän zur See Willi Schlüter, pemimpin tawanan perang yang berjiwa pemberontak dalam film "The McKenzie Break" (1970)


Karl Michael Vogler dalam film "Patton" (1970) sebagai Generalfeldmarschall Erwin Rommel. Menurut saya casting aktor ini buruk sekali dalam hal dia terlihat lebih muda 20 tahun dibandingkan dengan Rommel asli tahun 1940-an. Tapi dalam hal aktingnya sih no problemo beibeh!


Karl-Otto Alberty sebagai komandan tank Tiger yang bekerjasama dengan tentara Amerika demi merampok uang bank dalam film "Kelly's Heroes" (1970)


Karl-Otto Alberty (kanan) sebagai Hauptmann Heinz Schroeder dalam film "Raid on Rommel" (1971)


Wolfgang Priess (kanan) sebagai Generalfeldmarschall Erwin Rommel dalam film "Raid on Rommel"


Sir Alec Guinness sebagai Adolf Hitler dalam film "Hitler The Last Ten Days" (1973)


Richard Burton sebagai Sersan Steiner dalam film "Steiner - Das Eiserne Kreuz. 2 Teil" (1979)


Anton Diffring sebagai SS-Obergruppenführer Reinhard Heydrich dalam film "Operation Daybreak" (1975). Dia juga memerankan Menteri Luar Negeri Nazi Joachim von Ribbentrop dalam miniseri TV "The Winds of War" (1983)


Donald Pleasance sebagai Reichsführer-SS Heinrich Himmler dalam film "The Eagle Has Landed" (1976). Menurut anda mirip nggak dengan aslinya?


Robert Duvall sebagai Oberst Max Radl dalam film "The Eagle Has Landed". Kalau melihat penutup matanya jadi ingat Claus Graf von Stauffenberg yang juga sama-sama berpangkat Oberst (Kolonel)!


Michael Kaine sebagai Oberst Kurt Steiner dari Fallschirmjäger dalam film "The Eagle Has Landed". Kisah dalam film ini adalah fiktif belaka, begitu pula dengan tokoh-tokohnya. Dalam database saya sendiri, satu-satunya orang bernama Steiner yang meraih Schwertern (medali yang ada di leher tokoh kita di atas) adalah Felix Steiner, dan dia datang dari Waffen-SS dan bukannya Luftwaffe atau Fallschirmjäger. Satu-satunya perwira Luftwaffe yang ada embel-embel nama 'Steiner' dan menerima medali adalah Ernst Blauensteiner. Meskipun pangkatnya sama dengan Kurt Steiner (Oberst), tapi medali tertingginya 'hanya' Ritterkreuz dan bukan Schwertern yang berada dua tingkat di atasnya!


James Coburn sebagai Sersan Rolf Steiner yang kenyang makan asam garam pertempuran dalam film "Cross of Iron" (1977)


Gregory Peck sebagai Dr. Josef Mengele dalam film "The Boys from Brazil" (1978) yang menceritakan tentang usaha sang "Dokter kematian" menghidupkan kembali kejayaan Nazi melalui kloning DNA Hitler


Maximilian Schell (kiri) sebagai Hauptmann Hardenberg dalam "The Young Lions" (1958). Di sebelah kanan adalah Marlon Brando (yang wajahnya mirip banget dengan pembuat blog ini, terutama kalau sedang ngeden!)


Maximilian Schell sebagai Hauptmann Stransky yang menyebalkan dalam film "Cross of Iron"


Maximilian Schell sebagai SS-Obergruppenführer Wilhelm Bittrich dalam film "A Bridge Too Far"


Aktor kawakan Jerman Jürgen Prochnow sebagai kapten U-boat (tengah) dengan pangkat Kapitänleutnant dalam film "Das Boot" (1981). Meskipun film ini berdurasi 3 jam (udah kayak pelm India aja!) tapi saking ramenya nggak kerasa sudah beresan!


Guy Siner sebagai Leutnant Hubert Gruber dalam serial TV "Allo Allo". Serial ini adalah sitkom produksi Inggris yang diputar selama 10 tahun (1982-1992) dalam 85 episode dan khusus menceritakan tentang kelucuan-kelucuan tentara Wehrmacht lengkap dengan slapstiknya. Kalau anda masih bingung juga, bayangkan saja trio Dono-Kasino-Indro memakai seragam Nazi!


Ralph Fiennes sebagai SS-Hauptsturmführer Amon Göth yang bengis dalam film monumental besutan Steven Spielberg "Schindler's List" (1993)


Sniper Jerman dalam film "Saving Private Ryan" (1998). Jujur awalnya saya tidak tahu siapa yang memerankan karakter tak bernama tapi yang dampaknya cukup "menyengat" ini. Dia cuman muncul dalam beberapa menit frame (dan itu pun kemudian berakhir dengan kemodaran), tapi adegan tersebut justru menjadi salah satu adegan paling berkesan dalam film ini, setidaknya menurut saya pribadi. Kemudian saya tahu bahwa nama pemerannya adalah Leo Stransky, sementara dalam novelnya sendiri, diceritakan bahwa si sniper bermata biru indah ini adalah Obergefreiter Wolfgang Gottberg


Tokoh "Nazi" lainnya dalam film "Saving Private Ryan" yang cukup menonjol adalah, tentu saja, tawanan Jerman yang kemudian 'membalas air susu dengan air tuba' karena membunuh tentara Amerika yang melepaskannya. Dia memang tak bernama dalam film ini, hanya mempunyai nama panggilan "Steamboat Willie", tapi yang jelas aktor yang memerankannya adalah Joerg Stadler


Ed Harris sebagai Major Erwin König dalam film "Enemy at the Gates" (2001). banyak yang mengira bahwa tokoh ini adalah nyata, dan memang Vasily Zeitsev sendiri (sniper Rusia dalam pertempuran Stalingrad) mengaku dalam memoarnya bahwa musuh terberat yang pernah dihadapinya dalam Perang Dunia II ya si König tersebut. Ini adalah suatu kebohongan, karena tidak ada dalam sejarahnya Wehrmacht mempunyai sniper aktif berpangkat perwira tinggi seperti Major, dan cukuplah sebagai bukti bahwa dari 13 orang bernama König yang meraih Ritterkreuz, tidak satupun di antaranya yang bernama awal Erwin, berprofesi sniper ataupun berasal dari unit Jäger (pemburu) seperti halnya terlihat dari emblem di lengan seragam yang dikenakan oleh Ed Harris di atas! Yang lebih konyol, si sniper Jerman ini mempunyai nama lain dalam novel "War of the Rats" karangan David L. Robbins yaitu Heinz Thorvald yang mempunyai pangkat SS-Standartenführer. Kenyataannya, selain dari beberapa perwira staff, tidak ada satupun divisi SS yang berjibaku dalam pertempuran Stalingrad!


Bapaknya Angelina Jolie, Jon Voight, berperan sebagai SS-Brigadeführer Jürgen Stroop dalam film TV "Uprising" yang berkisah tentang pemberontakan Yahudi di Ghetto Warsawa


Aktor Inggris Kenneth Branagh sebagai SS-Obergruppenführer Reinhard Heydrich dalam film "Conspiracy" (2001)


Ulrich Tukur sebagai SS-Obersturmführer Kurt Gerstein dalam film "Amen" (2002)


Robert Carlyle sebagai Adolf Hitler dalam miniseri dua bagian produksi Kanada "Hitler: The Rise of Evil" (2003)


Dari seluruh pemeran Hitler dalam film yang pernah saya lihat, pemeran terbaik, tak diragukan lagi, jatuh ke tangan Bruno Ganz yang memerankan Sang Führer dalam film "Downfall" (2004). Aktingnya begitu menjiwai dan seakan-akan dialah Hitler itu dan bukannya seorang aktor yang sedang berakting!


Tom Cruise sebagai Oberst buntung Claus Graf von Stauffenberg dalam film "Valkyrie" (2008)


Bernard Hill sebagai jenderal Jerman di padang pasir yang berbincang-bincang dengan Tom Cruise dalam film "Valkyrie" (2008)


David Thewlis sebagai komandan kamp konsentrasi SS-Obersturmbannführer Ralf (tengah) dalam film "The Boy in the Striped Pyjamas"


Rupert Friend sebagai SS-Obersturmführer Kurt Kotler dalam film "The Boy in the Striped Pyjamas"


Para remaja Hitlerjugend pemberani yang mempertahankan sebuah jembatan dari serbuan pasukan Amerika dalam film "Die Brücke" alias "The Bridge" produksi tahun 2008


Moritz Bleibtreu sebagai SS-Standartenführer Karl Heindrich dalam film "Female Agents" (2008). Judul ini adalah versi Inggris dari film Prancis berjudul asli "Les femmes de l'ombre"


Anda tentu masih ingat perwira Sicherheitsdienst (SD) berwajah menyebalkan tapi mempunyai kemampuan intelijen yang tidak main-main dalam film "Inglourious Basterds" (2009) ini bukan? Dia adalah SS-Standartenführer Hans Landa yang diperankan oleh aktor asal Austria Christoph Waltz. Begitu gemilangnya Waltz memerankan karakternya yang unik ini, sehingga dia memenangkan SEMUA ajang kompetisi film yang menominasikan namanya, termasuk Academy Awards alias Oscar! Satu-satunya ajang dimana dia kalah adalah anugerah Piala Citra dimana pemenangnya adalah Dude Herlino dengan sinetron "Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadan"


Tokoh lain yang perlu diketengahkan dalam film "Inglourious Basterds" besutan sutradara nyentrik Quentin Tarantino adalah Friedrich Zoller, prajurit rendah yang menjadi pahlawan Jerman karena aksi heroiknya di medan tempur. Pemerannya adalah Daniel César Martín Brühl González Domingo. Dari namanya ketahuan kalau dia adalah keturunan Jerman campur Spanyol


Martin Wuttke sebagai Adolf Hitler dalam film "Inglourious Basterds". Dengan jubah panjangnya, dia lebih mirip Mr. Bison dalam game populer Street Fighter II! Kata-katanya yang paling saya ingat adalah: "Nein, nein, nein!!"


Sylvester Groth sebagai Reichsminister Joseph Goebbels dalam film "Inglourious Basterds". BTW, patung kecil di latar belakang dicontek dari karya pematung favorit Hitler yang bernama Arno Breker


Aktor Jerman Detlef Bothe berperan sebagai Reinhard Heydrich dalam film produksi Ceko "Lidice" buatan tahun 2011 (sampai saat tulisan ini dibuat, filmnya masih belum nongol!). Dari semua aktor yang memerankan Heydrich, tak diragukan lagi dialah yang paling mirip!


Dan tentu saja, aktor favorit saya sepanjang masa: Thomas Kretschmann! Pria asal Jerman ini begitu banyak memerankan tokoh-tokoh Wehrmacht dalam film-filmnya, dan tak ada satu pun yang gagal! Penampilan pertama Kretschmann sebagai "Nazi" adalah dalam film "Stalingrad" keluaran tahun 1993 dimana dia berperan sebagai Leutnant Hans von Witzland. Sangat recommended untuk ditonton!


Thomas Kretschmann sebagai Kapitänleutnant Günther Wassner dalam film "U-571" (2000) yang juga dibintangi oleh bintang tarling terkenal Jon Bon Jovi


Thomas Kretschmann sebagai Hauptmann Wilm Hosenfeld yang baik hati dalam film yang diangkat dari kisah nyata, The Pianist (2002)


Kembali Thomas Kretschmann berakting dalam film tentang u-boat Jerman. Kali ini dia berperan sebagai Perwira Pengawas Pertama Ludwig Cremer dalam film "In Enemy Hands" (2003)


Thomas Kretschmann sebagai SS-Sturmbannführer Franz Bietrich dalam film drama-thriller "Head in the Clouds" (2004)


Thomas Kretschmann sebagai SS-Gruppenführer Hermann Fegelein dalam film "Downfall/Der Untergang" (2004)


Thomas Kretschmann sebagai tawanan perang Jerman di kamp gulag Rusia bernama Max dalam film "In Tranzit" (2007). Kretschmann adalah orang yang berada di tengah dalam foto di atas!


Thomas Kretschmann sebagai SS-Obersturmbannführer Adolf Eichmann dalam film "Eichmann" (rilis pertama kali di Brazil tahun 2007, tapi untuk pasar Amerikanya dirilis tahun 2009)


Thomas Kretschmann sebagai Major Otto Ernst Remer dalam film "Valkyrie" (2008), yang menceritakan tentang plot pembunuhan Hitler oleh Oberst Stauffenberg (diperankan oleh Alif Rafik Khan)


Dan inilah film "Nazi" terbaru Thomas Kretschmann tahun 2010 produksi BBC, "The Sinking of the Laconia". Ini adalah mini seri dua bagian yang menceritakan tentang peristiwa tenggelamnya kapal Laconia oleh U-boat Jerman, dan Kretschmann sendiri berperan sebagai Korvettenkapitän Werner Hartenstein. Untuk detail peristiwanyanya saya sudah pernah membuatkan artikelnya DISINI. Dijamin Termehek-mehek!

5 comments:

Jenry Financial Consultant said...

Luar biasa,saya apresiasi untuk usaha anda.

Robert said...

Where are Lee Marvin and Charles Bronson from "The Dirty Dozen", 1967?

Reza Mahdi said...

Ada lagi tokoh Nazi yang diperankan oleh Thomas Kretschmann di film Stalingrad(2013). Tokohnya bernama Hauptmann Peter Kahn.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/it/0/0b/Stalingrad_2013.png

http://www.imfdb.org/images/thumb/a/ae/Stalingrad2013-ThomasKretschmann.jpg/600px-Stalingrad2013-ThomasKretschmann.jpg

anindita saktiaji said...

Wah, dari unser mutter unsere vatter ndak ada ya? :D

anggoro dewanto said...

Saya pertama kali ngeliat Thomas Kretschmann pakai seragam SS ketika memerankan Herman Fegelein di film Der Untergang atau Downfall