Friday, December 31, 2010

Francesca Kobell, Si Pembuat Tulisan Di Dokumen-Dokumen Resmi Nazi Jerman!

Francesca Kobell di meja kerjanya sedang mengerjakan sebuah dokumen


Francesca Kobell di hari tua. Dia tetap tinggal di studionya yang terletak di pedalaman Jerman dimana dokumen-dokumen masih diproduksi sampai saat ini!


Sebuah prototipe asli tulisan dokumen yang dibuat oleh Kobell dan diproduksi oleh Frieda Thiersch untuk digunakan oleh Reichsmarschall Hermann Göring. Semua item mendapat persetujuan langsung dari Adolf Hitler!


Oleh : Alif Rafik Khan

Francesca Kobell (atau kadang disebut juga sebagai Franziska Kobel) adalah seorang seniman yang khusus mengerjakan penulisan nama dan peraih medali di dokumen-dokumen resmi zaman Third Reich (kalau zaman sekarang mungkin bisa dibandingkan dengan penulis nama-nama murid yang lulus di ijazah STTB dalam ruang lingkup yang lebih kecil). Dia membuat sendiri desain font tulisannya yang merupakan modifikasi dari tipe font Lydian.

Pada awalnya dia bekerja sebagai sub-kontraktor untuk firma Frieda Thiersch yang memproduksi dokumen-dokumen untuk kepentingan Hitler dan staffnya. Tentu saja dokumen-dokumen tersebut dibayar, dan untuk kuitansi/invoicenya ditunjuklah Francesca Kobell sebagai penulis.

Hal ini bukanlah karena Kobell memang dididik untuk hal tersebut, melainkan semata karena kekurangan orang yang parah yang diakibatkan oleh perang. Semua proses produksi menjadi terganggu karena kelangkaan barang, termasuk tinta. Kobell lalu mengajukan permohonan untuk penyediaan satu botol tinta yang akan dia gunakan, dan dia menuliskan permintaan tersebut dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Frieda Thiersch.

Surat tersebut kemudian dijawab, dan Kobell pun mendapat pekerjaan baru sebagai penulis citation setelah surat yang ditulisnya di-forward ke staff Hitler karena huruf-huruf tulisannya yang begitu 'bagus'.

Semuanya itu bermula dari satu botol tinta seharga 0,20 mark!


Sumber :
www.ritterkreuz.us



No comments: