Saturday, December 25, 2010

Wilhelm Gustloff (1895-1936), Tokoh Nazi Swiss Yang Kapal Atas Namanya Tercatat Sebagai Tragedi Laut Terbesar Di Dunia!


Wilhelm Gustloff, pimpinan partai Nazi cabang Swiss

Kapal yang diberi nama atas namanya dan kemudian berakhir tragis karena menjadi korban kapal selam Soviet


Wilhelm Gustloff (30 Januari 1895 - 4 Februari 1936) adalah politikus Jerman dan pimpinan NSDAP cabang Swiss.

Gustloff bertanggung jawab untuk penyebaran buku-buku anti-Semit, yang terkenal adalah Protokol Para Tetua Sion. Tulisan ini banyak menuai gugatan, sehingga seorang mahasiswa Yahudi, David Frankfurter, menembaknya. Gustloff diberikan pemakaman besar-besaran di daerah kelahirannya dengan dihadiri oleh Adolf Hitler, Joseph Goebbels, dll, dan ribuan anggota Hitler-Jugend berbaris sepanjang jalan.

Kapal pesiar Jerman Wilhelm Gustloff dinamai menurut nama Wilhelm Gustloff. Pada tahun 1945 kapal itu ditorpedo oleh kapal selam Uni Soviet S-13 di tengah Laut Baltik. Banyak penumpangnya yang mati. Ada pula sebuah pabrik senjata yang dinamai menurut namanya semasa Perang Dunia II.

Diperkirakan sekitar 9.400 penumpangnya meninggal. Sejauh ini, Gustloff dianggap musibah kapal tunggal terbesar dalam sejarah! Kecelakaan besar lain dan sangat terkenal adalah tenggelamnya kapal RMS Titanic.

Pembunuhannya menjadi salah satu elemen dalam novel Im Krebsgang karya Guenter Grass dengan alur yang berdasarkan nasib kapal Wilhelm Gustloff.


Sumber :
www.id.wikipedia.org
www.rommel-lebt.com
www.timetableimages.com


No comments: