Arado Ar-196A (NP+ZO). Pesawat jenis ini dikembangkan oleh firma Arado sebagai pesawat pengintai yang berbasis di kapal dan bukannya di daratan. Prototipe pertama dikeluarkan tahun 1936 dan pada tahun selanjutnya dia menjadi pemenang dari kontes desain Kriegsmarine. Dia lalu menjadi pesawat standar Angkatan Laut Jerman tersebut selama berlangsungnya Perang Dunia II. Seiring dengan bejalannya perang, perannya pun bertambah. Dia setidaknya bertanggungjawab atas tenggelamnya satu buah kapal dagang dan bahkan mampu pula menembak jatuh beberapa pesawat sergap Sekutu dalam dogfight di udara! Seperti kebanyakan pesawat Nazi lainnya, hanya sedikit saja dari pesawat ini yang masih tersisa
Awak darat mendorong sebuah Arado Ar 196A-3 (6W+B?) dari SAGr.128 sebelum berangkat untuk melaksanakan misi pengintaian di tahun 1943. Huruf identitas individu pesawat 'B' bisa dilihat di bawah sayap (sayang scanner-nya wadon bae ble'e-ble'e!). Lokasi foto ini adalah di bekas pangkalan angkatan laut Prancis di Brest. Ini menimbulkan dugaan bahwa misi yang dilakukannya adalah untuk men-support U-boat Jerman yang ditempatkan disana
Arado Ar 196A-3 (D1+LN) dari 5./SAGr.126 di wilayah Mediterania (yang kelihatan dari belang putih di badannya). Perhatikan pola kamuflasenya yang kemungkinan merupakan RLM 72 atau RLM 73 dan lebih menyolok dibandingkan biasanya. Ini adalah satu-satunya foto yang diketahui yang memperlihatkan penggunaan kode unit berukuran 1/5 untuk pesawat Ar 196 (disini sebagai contohnya adalah D1, dan kemudian praktek ini secara luas diperkenalkan pada periode 1943-1944)
Sebuah Arado Ar 196A-3 (T3+NH) dari 1./BfGr.196 di atas landasan ketapel dari kapal penjelajah Kriegsmarine "Scharnhorst"
Awak darat mendorong sebuah Arado Ar 196A-3 (6W+B?) dari SAGr.128 sebelum berangkat untuk melaksanakan misi pengintaian di tahun 1943. Huruf identitas individu pesawat 'B' bisa dilihat di bawah sayap (sayang scanner-nya wadon bae ble'e-ble'e!). Lokasi foto ini adalah di bekas pangkalan angkatan laut Prancis di Brest. Ini menimbulkan dugaan bahwa misi yang dilakukannya adalah untuk men-support U-boat Jerman yang ditempatkan disana
Arado Ar 196A-3 (D1+LN) dari 5./SAGr.126 di wilayah Mediterania (yang kelihatan dari belang putih di badannya). Perhatikan pola kamuflasenya yang kemungkinan merupakan RLM 72 atau RLM 73 dan lebih menyolok dibandingkan biasanya. Ini adalah satu-satunya foto yang diketahui yang memperlihatkan penggunaan kode unit berukuran 1/5 untuk pesawat Ar 196 (disini sebagai contohnya adalah D1, dan kemudian praktek ini secara luas diperkenalkan pada periode 1943-1944)
Sebuah Arado Ar 196A-3 (T3+NH) dari 1./BfGr.196 di atas landasan ketapel dari kapal penjelajah Kriegsmarine "Scharnhorst"
Sebuah Arado Ar 196 yang berada di atas kapal perang "Admiral Hipper", 1941. Pesawat ini tinggal landas dengan cara dilontarkan melalui alat ketapel khusus sehingga tidak membutuhkan landasan panjang selayaknya pesawat biasa
Sumber :
Buku "Aufklärer: Luftwaffe Reconnaissance Aircraft & Units 1935-1945" karya David Wadman
Foto koleksi Bundesarchiv Jerman
www.asisbiz.com
www.en.wikipedia.org
www.wwiivehicles.com
No comments:
Post a Comment