Friday, February 17, 2012

Gerakan Anti Merokok Zaman Nazi Jerman


Propaganda anti merokok Nazi Jerman


LinkDua orang prajurit muda infanteri Jerman beristirahat dalam schützenloch (parit) mereka sambil merokok, Januari 1942. Keduanya membawa serta Zeltbahn yang bisa dijadikan sebagai baju luar atau tenda, dan salah seorang di antaranya membawa serta tornister (tas) medis


Untuk melihat album foto MEROKOK Nazi Jerman

Gerakan antitembakau di Jerman Nazi adalah kampanye publik antimerokok pertama dalam sejarah modern, yang dilakukan oleh Third Reich. Gerakan ini muncul setelah dokter Jerman menjadi yang pertama untuk mengidentifikasi hubungan antara merokok dan kanker paru-paru. Gerakan antitembakau tumbuh di banyak negara sejak awal abad ke-20, tetapi ini sedikit berhasil, kecuali di Jerman, dimana kampanye ini didukung oleh pemerintah setelah Nazi berkuasa. Ini adalah gerakan antimerokok paling kuat di dunia selama 1930-an dan awal 1940-an. Kepemimpinan Nasionalis-Sosialis mengutuk merokok dan beberapa dari mereka secara terbuka dikritik karena mengonsumsi tembakau! Penelitian tentang merokok dan efek terhadap kesehatan berkembang di bawah Kekuasaan Nazi dan yang paling penting dari jenis tersebut pada saat itu. Secara pribadi, Adolf Hitler membenci tembakau dan kebijakan reproduksi Nazi di antara faktor motivasi di belakang kampanye mereka terhadap merokok.

Kampanye antitembakau Nazi termasuk melarang merokok di trem, bis dan kereta api kota, mempromosikan pendidikan kesehatan, membatasi jatah rokok di Wehrmacht, pengorganisasian kuliah medis untuk tentara, dan meningkatkan pajak tembakau.Nasionalis-Sosialis juga memberlakukan larangan iklan tembakau dan merokok di ruang publik, restoran, dan kedai kopi. Gerakan antitembakau tidak banyak berpengaruh pada tahun-tahun awal rezim Nazi dan penggunaan tembakau meningkat antara 1933 dan 1939, tetapi merokok oleh personel militer sudah berkurang antara tahun 1939-1945. Bahkan pada akhir abad ke-20, gerakan antimerokok di Jerman pasca perang tidak mencapai pengaruh seberhasil kampanye anti merokok yang dilakukan oleh Nazi!

Sentimen antitembakau ada di Jerman pada awal abad 20. Kritik merokok terorganisir oleh kelompok antitembakau pertama di negara itu bernama Deutscher Tabakgegnerverein zum Schutze der Nichtraucher (Asosiasi Jerman Lawan Tembakau untuk Perlindungan Non-perokok). Didirikan pada tahun 1904, organisasi ini ada untuk jangka waktu singkat saja. Organisasi antitembakau berikutnya, Bund Deutscher Tabakgegner (Federasi Jerman Lawan Tembakau), didirikan pada tahun 1910 di Trautenau, Bohemia. Organisasi antimerokok lainnya didirikan pada tahun 1912 di kota Hanover dan Dresden. Pada tahun 1920, Bund Deutscher Tabakgegner in der Tschechoslowakei (Federasi Jerman Lawan Tembakau di Cekoslovakia) dibentuk di Praha, setelah Cekoslovakia dipisahkan dari Austria pada akhir Perang Dunia I. Selain itu, Bund Deutscher Tabakgegner in Deutschösterreich (Federasi Jerman Lawan Tembakau dalam bahasa Jerman Austria) didirikan di Graz pada tahun 1920.

Kelompok-kelompok ini menerbitkan jurnal advokasi merokok. Jurnal pertama seperti dalam bahasa Jerman Der Tabakgegner (Lawan Tembakau), yang diterbitkan oleh organisasi Bohemia antara tahun 1912 dan 1932. Deutscher Tabakgegner (Jerman Lawan Tembakau) diterbitkan di Dresden antara tahun 1919-1935, dan merupakan jurnal kedua tentang hal ini. Organisasi antitembakau juga menolak terhadap pengonsumsian alkohol.

Adolf Hitler adalah seorang perokok berat pada awal kehidupannya—ia merokok 25 sampai 40 rokok sehari—tetapi ia mulai meninggalkan kebiasaan itu, dan menyimpulkan bahwa merokok itu adalah buang-buang uang. Beberapa tahun kemudian, Hitler memandang merokok sebagai "dekaden" dan "kemurkaan Manusia Merah melawan Manusia Putih, balas dendam karena telah diberi minuman keras", menyesalkan bahwa "laki-laki yang sangat baik begitu banyak yang hilang untuk keracunan tembakau". Dia tidak senang karena baik Eva Braun dan Martin Bormann adalah perokok dan prihatin terhadap kecanduan merokok Hermann Göring di tempat umum. Dia marah ketika sebuah patung menggambarkan Göring sedang merokok cerutu kala sedang bertugas. Hitler sering dianggap sebagai pemimpin nasional pertama yang melakukan advokasi tidak merokok, meskipun James VI dan I memiliki klaim yang lebih baik untuk gelar itu 300 tahun sebelumnya.

Hitler setuju dengan kebebasan personel militer untuk merokok, dan selama Perang Dunia II ia tercatat mengatakan pada tanggal 2 Maret 1942, "itu adalah suatu kesalahan, dapat dilacak pada pimpinan tentara pada waktu itu, pada awal perang". Dia juga mengatakan bahwa "itu tidak benar untuk mengatakan bahwa seorang prajurit tidak bisa hidup tanpa merokok". Dia berjanji untuk mengakhiri penggunaan tembakau di militer setelah perang berakhir. Hitler pribadi didorong oleh teman-teman dekatnya untuk tidak merokok dan dihargai orang-orang yang berhenti merokok. Namun, ketidaksukaan pribadi Hitler pada tembakau adalah hanya salah satu dari beberapa katalis di balik kampanye antimerokok.

Kebijakan reproduksi Nazi adalah faktor penting di balik kampanye antitembakau mereka. Wanita yang merokok dianggap rentan terhadap penuaan dini dan hilangnya daya tarik fisik, mereka dipandang sebagai tidak cocok untuk menjadi istri dan ibu dalam sebuah keluarga Jerman. Werner Huttig dari Rassenpolitisches Amt (Kantor Politik Rasial) mengatakan bahwa air susu ibu yang merokok itu mengandung nikotin, sebuah klaim yang kemudian dibuktikan kebenarannya oleh penelitian modern! Martin Staemmler, seorang dokter terkemuka selama Reich Ketiga, berpendapat bahwa merokok oleh wanita hamil menghasilkan tingkat keguguran lebih tinggi saat dilahirkan. Pendapat ini juga didukung oleh perempuan yang terkenal sebagai higienis rasial, Agnes Bluhm, yang bukunya diterbitkan pada tahun 1936 dimana dia mengungkapkan pandangan yang sama. Kepemimpinan Nazi prihatin selama periode tersebut karena mereka ingin wanita Jerman seproduktif mungkin dalam melahirkan. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal ginekologi Jerman pada tahun 1943 menyatakan bahwa perempuan merokok tiga atau lebih rokok per hari lebih mungkin untuk tidak memiliki anak dibandingkan dengan wanita tidak merokok.

Penelitian dan studi tentang efek tembakau pada kesehatan penduduk lebih maju di Jerman daripada di negara lain pada saat Nazi berkuasa. Hubungan antara kanker paru-paru dan tembakau pertama kali terbukti di Jerman Nazi, bertentangan dengan kepercayaan populer bahwa ilmuwan Amerika dan Inggris pertama kali menemukannya pada tahun 1950-an. Istilah "perokok pasif" ("Passivrauchen") diciptakan di Jerman Nazi. Proyek-proyek penelitian yang didanai oleh Nazi mengungkapkan banyak dampak buruk dari merokok terhadap kesehatan. Jerman Nazi mendukung penelitian epidemiologi tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau. Hitler secara pribadi memberikan dukungan keuangan kepada Wissenschaftliches Institut zur Erforschung der Tabakgefahren (Lembaga Penelitian Bahaya Tembakau) di Universitas Jena, dipimpin oleh Karl Astel. Didirikan pada tahun 1941, lembaga itu adalah lembaga antitembakau paling signifikan di Jerman Nazi.

Franz H. Müller pada tahun 1939 dan E. Schairer pada 1943 menggunakan metode pertama kasus-kontrol untuk mempelajari epidemiologi kanker paru-paru di kalangan perokok. Pada tahun 1939, Müller menerbitkan sebuah laporan penelitian dalam jurnal kanker terkenal di Jerman yang menyatakan bahwa prevalensi kanker paru-paru lebih tinggi pada perokok. Müller, digambarkan sebagai "bapak lupa epidemiologi eksperimental", adalah anggota dari Sosialis Nasional Motor Corps (NSKK) dan Partai Nazi (NSDAP). Disertasi medis Müller tahun 1939 adalah studi terkendali epidemiologi pertama di dunia tentang hubungan antara tembakau dan kanker paru-paru. Selain menyebutkan meningkatnya insiden kanker paru-paru dan banyak penyebab di balik itu seperti debu, gas buang dari mobil, TBC, X-ray dan polutan yang dipancarkan dari pabrik, kertas Müller menunjukkan bahwa "pentingnya asap rokok telah mendorong lebih dan lebih ke latar depan".

Dokter di Reich Ketiga menyadari bahwa merokok bertanggung jawab mengakibatkan penyakit jantung, yang dianggap sebagai penyakit yang paling serius akibat dari merokok. Penggunaan nikotin kadang-kadang dianggap bertanggung jawab untuk meningkatkan laporan tentang infark miokard di negara ini. Dalam tahun-tahun terakhir Perang Dunia II, peneliti menganggap nikotin merupakan faktor di balik kegagalan jantung koroner yang diderita oleh sejumlah besar personel militer di Front Timur. Seorang ahli patologi dari Heer memeriksa tiga puluh dua tentara muda yang telah meninggal akibat infark miokard di bagian depan, dan didokumentasikan dalam sebuah laporan 1944 bahwa semua dari mereka "perokok antusias". Dia mengutip pendapat ahli patologi Franz Buchner bahwa rokok adalah "racun koroner urutan pertama".

Nazi menggunakan beberapa taktik relasi publik untuk meyakinkan masyarakat umum Jerman untuk tidak merokok. Majalah kesehatan terkenal seperti Gesundes Volk (Rakyat Sehat), Volksgesundheit (Kesehatan Rakyat) dan Gesundes Leben (Hidup Sehat) diterbitkan sebagai peringatan tentang konsekuensi kesehatan merokok dan poster yang menunjukkan efek berbahaya dari tembakau ditampilkan. Pesan anti-merokok dikirim ke orang-orang di tempat kerja mereka, sering dengan bantuan dari Hitlerjugend (HJ) dan Bund Deutscher Mädel (BDM). Kampanye antimerokok yang dilakukan oleh Nazi juga termasuk pendidikan kesehatan. Pada bulan Juni 1939, Biro terhadap Bahaya Alkohol dan Tembakau dibentuk dan Reichsstelle für Rauschgiftbekämpfung (Biro untuk Perjuangan melawan Obat Memabukkan) juga membantu dalam kampanye antitembakau. Artikel advokasi merokok diumumkan dalam majalah Die Genussgifte (Rekreasi Stimulan), Auf der Wacht (Berjaga-jaga) dan Reine Luft (Udara Bersih). Dari majalah ini, Reine Luft adalah jurnal utama gerakan antitembakau. Karl Astel's Institute untuk Riset Bahaya Tembakau di Universitas Jena membeli dan mendistribusikan cetak ulang Reine Luft.

Setelah mengakui efek berbahaya dari merokok pada kesehatan, beberapa item undang-undang antimerokok diberlakukan. Tahun 1930 kemudian semakin terlihat undang-undang antitembakau dilaksanakan oleh Nazi. Pada tahun 1938, Luftwaffe dan Reichspost memberlakukan larangan merokok. Merokok juga dilarang tidak hanya di institusi perawatan kesehatan, tetapi juga di beberapa kantor publik dan di rumah beristirahat. Bidan dibatasi dari merokok saat bertugas. Pada tahun 1939, anggota Partai Nazi dilarang merokok di semua tempat kantornya, dan Heinrich Himmler, kepala Schutzstaffel (SS), personel polisi dan perwira SS membatasi diri dari merokok saat mereka bertugas. Merokok juga dilarang keras di sekolah.

Pada tahun 1941, merokok di trem dilarang di enam puluh kota di Jerman. Merokok juga dilarang di tempat penampungan bom;. namun, beberapa tempat penampungan memiliki ruangan terpisah untuk merokok. Perawatan khusus diambil untuk mencegah perempuan dari merokok. Presiden Asosiasi Medis di Jerman mengumumkan, "wanita Jerman tidak merokok". Wanita hamil dan wanita di bawah usia 25 dan di atas usia 55 tahun tidak diberi kartu ransum tembakau selama Perang Dunia II. Pembatasan pada penjualan produk tembakau kepada perempuan yang dikenakan pada perhotelan dan industri makanan ritel. Film antitembakau yang ditujukan untuk perempuan ditampilkan. Editorial membahas masalah merokok dan efek yang diterbitkan di surat kabar. Diambil langkah-langkah yang ketat dalam hal ini dan departemen distrik National Socialist Factory Cell Organization (NSBO) mengumumkan bahwa mereka akan mengusir anggota perempuan yang merokok secara terbuka! Langkah selanjutnya dalam kampanye antitembakau. pada bulan Juli 1943, dikeluarkan larangan untuk merokok di tempat umum untuk orang di bawah usia 18 tahun. Pada tahun berikutnya, merokok di bis dan kereta api kota dibuat ilegal. Peraturan ini dibuat atas prakarsa pribadi Hitler, yang khawatir pengambil tiket perempuan mungkin menjadi korban dari perokok pasif.

Pembatasan dikenakan pada iklan produk tembakau berlaku pada tanggal 7 Desember 1941 dan ditandatangani oleh Heinrich Hunke, Presiden Dewan Periklanan. Iklan yang mencoba untuk menggambarkan merokok tidak berbahaya atau sebagai ekspresi maskulinitas dilarang. Mengejek aktivis antitembakau juga dilarang, seperti penggunaan poster iklan di sepanjang rel kereta api, di daerah pedesaan, stadion dan trek balap. Iklan oleh pengeras suara dan surat juga dilarang.

Pembatasan merokok juga diperkenalkan di Wehrmacht. Jatah rokok di militer terbatas pada enam batang per prajurit per hari. Rokok extra sering dijual kepada para prajurit, terutama bila tidak ada kemajuan militer atau mundur di medan perang, namun ini dibatasi sampai 50 untuk setiap orang per bulan. Tentara remaja yang bertugas di 12.SS-Panzer-Division "Hitlerjugend" diberi permen dan bukannya produk tembakau! Akses ke rokok tidak diperbolehkan untuk personel perempuan tambahan Wehrmacht (Helferinnen). Kuliah medis disusun untuk membujuk personel militer untuk berhenti merokok. Sebuah peraturan disahkan pada 3 November 1941 yang menaikkan pajak tembakau sekitar 80-95% dari harga eceran. Ini akan menjadi kenaikan tertinggi di pajak tembakau di Jerman sampai lebih dari 25 tahun setelah runtuhnya rezim Nazi!

Kampanye anti merokok awalnya dianggap gagal, dan 1933-1937 terjadi peningkatan pesat dalam konsumsi tembakau di Jerman. Tingkat merokok di negara meningkat lebih cepat bahkan daripada negara tetangganya Perancis, di mana gerakan antitembakau itu kecil dan jauh kurang berpengaruh. Antara 1932 dan 1939, konsumsi per kapita di Jerman rokok meningkat 570-900 per tahun, sedangkan angka-angka yang sesuai untuk Prancis dari 570-630.

Perusahaan manufaktur rokok di Jerman melakukan beberapa upaya untuk melemahkan kampanye antitembakau. Mereka menerbitkan jurnal baru dan mencoba untuk menggambarkan gerakan antitembakau sebagai "fanatik" dan "tak ilmiah". Industri tembakau juga mencoba untuk melawan kampanye pemerintah untuk mencegah wanita dari merokok dan model merokok yang digunakan dalam iklan mereka. Meskipun peraturan pemerintah, banyak perempuan di Jerman merokok secara teratur, termasuk banyak istri pejabat Nazi berpangkat tinggi. Sebagai contoh, Magda Goebbels merokok bahkan saat ia sedang diwawancarai oleh wartawan. Ilustrasi fesyen menampilkan perempuan dengan rokok sering diterbitkan dalam publikasi terkemuka seperti Beyers Mode für Alle (Beyers Fashion Untuk Semua). Penutup dari lagu Lili Marleen menampilkan penyanyi populer Lale Andersen sedang memegang rokok.

Konsumsi rokok per kapita per tahun di Jerman & AS (dalam juta)
Jerman: 1930 (490) - 1935 (510) - 1940 (1.022) - 1944 (743)
Amerika Serikat: 1930 (1.485) - 1935 (1.564) - 1940 (1.976) - 1944 (3.039)

Nazi lebih melaksanakan kebijakan antitembakau di akhir 1930-an dan tahun-tahun awal Perang Dunia II, tingkat penggunaan tembakau menurun. Sebagai hasil dari langkah-langkah antitembakau yang diimplementasikan di Wehrmacht, konsumsi tembakau total oleh tentara menurun antara tahun 1939 dan 1945. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 1944, jumlah perokok meningkat di Wehrmacht, tetapi konsumsi tembakau rata-rata per personel militer menurun sebesar 23,4% dibandingkan dengan tahun-tahun pra-Perang Dunia II. Jumlah orang yang merokok 30 atau lebih batang rokok per hari menurun dari 4,4% menjadi 0,3%.

Kebijakan antitembakau Nazi yang dihasilkan tidak bebas dari kontradiksi. Sebagai contoh, kebijakan Volksgesundheit (Kesehatan Rakyat) dan Gesundheitspflicht (Tugas menjadi Sehat) yang diberlakukan secara paralel dengan distribusi rokok aktif orang-orang yang Nazi dilihatnya sebagai kelompok "yang berjasa" (misalnya prajurit garis depan, anggota Pemuda Hitler) . Di sisi lain, "tidak layak" dan kelompok stigma (Yahudi, tahanan perang) tidak diberi akses ke tembakau. Di kamp konsentrasi Theresienstadt, tahanan dalam kepemilikan obat-obatan atau tembakau bahkan bisa menghadapi kematian!

Selain masalah kesehatan masyarakat, Nazi sangat dipengaruhi oleh ideologi; secara khusus, gerakan itu dipengaruhi oleh konsep kebersihan ras dan kemurnian jasmani. Pemimpin Nazi percaya bahwa sebuah kesalahan besar bagi ras unggul untuk merokok dan bahwa konsumsi tembakau sama dengan "degenerasi rasial". Nazi memandang tembakau sebagai "racun genetika". Hiegenis Rasial menentang penggunaan tembakau, takut bahwa mereka akan "rusak" oleh "plasma nutfah Jerman". Aktivis antitembakau Nazi sering mencoba untuk menggambarkan tembakau sebagai wakil dari degenerasi Negro!

Nazi mengklaim bahwa orang-orang Yahudi bertanggung jawab untuk memperkenalkan tembakau dan efek buruknya. Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Jerman mengumumkan bahwa merokok adalah perwakilan tidak sehat yang menyebar oleh orang Yahudi. Johann von Leers, editor Nordische Welt (Dunia Nordik), selama upacara pembukaan Wissenschaftliches Institut zur Erforschung der Tabakgefahren pada tahun 1941, menyatakan bahwa "kapitalisme Yahudi" bertanggung jawab untuk penyebaran penggunaan tembakau di seluruh Eropa. Dia mengatakan bahwa tembakau pertama di tanah Jerman dibawa oleh orang Yahudi dan bahwa mereka menguasai industri tembakau di Amsterdam, poin pemasukan utama Eropa Nicotiana,

Setelah runtuhnya Nazi Jerman pada akhir Perang Dunia II, pabrik rokok Amerika dengan cepat memasuki pasar gelap Jerman. Penyelundupan ilegal tembakau menjadi lazim, dan banyak pemimpin kampanye antimerokok Nazi dieksekusi! Pada tahun 1949, sekitar 400 juta rokok yang diproduksi di Amerika Serikat memasuki Jerman secara ilegal setiap bulan. Pada tahun 1954, hampir dua miliar batang rokok Swiss diselundupkan ke Jerman dan Italia. Sebagai bagian dari Rencana Marshall, Amerika Serikat mengirim tembakau bebas untuk Jerman, jumlah tembakau dikirim ke Jerman pada tahun 1948 adalah 24.000 ton dan sebanyak 69.000 ton pada tahun 1949. Pemerintah Federal Amerika Serikat menghabiskan $ 70.000.000 pada skema ini, untuk menyenangkan perusahaan manufaktur rokok di Amerika Serikat, yang sangat diuntungkan. Konsumsi rokok per kapita tahunan pasca-perang Jerman terus naik dari 460 pada tahun 1950 menjadi 1.523 pada tahun 1963. Pada akhir abad ke-20, kampanye antitembakau di Jerman tidak dapat melebihi keseriusan klimaks era Nazi pada tahun-tahun 1939-1941 dan penelitian tembakau kesehatan Jerman digambarkan oleh Robert N. Proctor sebagai "mati"!


Sumber :
Foto koleksi Bundesarchiv Jerman
www.deathby1000papercuts.com
www.dubroom.yuku.com
www.id.wikipedia.org



No comments: