Sunday, October 9, 2011

Foto Terakhir Adolf Hitler





Oleh : Alif Rafik Khan

Mungkin anda pernah melihat sebuah klip film yang menampilkan Hitler dalam sebuah upacara penganugerahan medali dengan para anggota muda Hitlerjugend sebagai penerimanya, dan di tengah tumpukan puing-puing di sekitarnya? Bagi yang ingin tahu latar belakang di balik peristiwa ini, silakan muncrut di bawah dengan sukses:

Upacara penganugerahan ini diselenggarakan di taman Reichskanzlei (Kekanseliran) yang terletak di Voßstraße di Berlin, dan para penerimanya adalah anggota unit tempur Hitlerjugend-SS yang menerima Eisernes Kreuzes dari tangan Panglima Hitlerjugend, Reichsjugendführer Artur Axmann, dan kemudian mendapat ucapan selamat dari Sang Führer. Selain film, terdapat juga enam buah foto dari upacara yang tercatat sebagai PENAMPILAN RESMI TERAKHIR HITLER UNTUK KAMERA ini. Sebagai fotografernya adalah asisten dari fotografer pribadi Hitler, Heinrich Hoffmann, dan kini foto-fotonya berada di arsip koleksi Dr. Gustav Wrangel.

Dikabarkan bahwa para anak muda tersebut berdiri selama kurang lebih sejam demi menunggu Sang Führer untuk menginspeksi mereka. Tak ada data jelas apakah para bocah-bocah pemberani ini kemudian selamat dari peperangan yang brutal. Yang jelas, salah seorang di antaranya, Armin Lehmann, berhasil selamat dan kemudian menuliskan pengalamannya di masa perang dalam sebuah buku. Lehmann tetap tinggal di Berlin sebagai staff dari Artur Axmann dengan tugas sebagai pengantar berita antara markas Axmann dengan Führerbunker. Dia juga tinggal di ruang radio Kriegsmarine untuk mengantarkan pesan-pesan radio. Setelah perang dia tinggal di Amerika Serikat. Satu yang perlu diketahui dari keterangan yang diberikan oleh Armin Lehmann: TIDAK ADA satupun foto yang diketahui - yang memperlihatkan acara tatap-muka Hitler dengan Hitlerjugend - yang bertanggal 20 April 1945 (ulang tahun Hitler), seperti salah kaprah yang beredar luas. Semua foto dan video yang tersisa memperlihatkan acara pada tanggal 19 Maret di Ehrenhof, Reichskanzlei. Memang ada keterangan bahwa Hitler mengadakan pula acara tatap muka yang sama pada tanggal 20 April 1945 - dimana kedua upacara ini sering tertukar tempat dan membuat orang bingung - tapi satu yang pasti: upacara tanggal 20 April 1945 tidak melibatkan satu orang fotografer atau kameraman pun!

Yang menarik adalah, Lehmann mengenang bahwa dia terkejut melihat penampilan Hitler dalam upacara ini. Sang Führer tampak terlihat ringkih, lemah dan bungkuk. Tangan kirinya bergetar hebat sehingga dia menutupinya dengan selalu menyilangkannya di belakang. Dia gemetaran bukan karena takut akan pasukan Rusia yang sudah mengelilinginya, melainkan karena akibat dari gejala Parkinson yang dideritanya, yang semakin menghebat setelah peristiwa 20 Juli 1944 (Pemberontakan Stauffenberg dkk). Ini juga yang tampaknya menjadi penyebab mengapa Hitler memutuskan untuk tetap tinggal di Berlin dan tidak melarikan diri. Kesehatannya begitu buruk sehingga diragukan dia bisa bertahan apabila harus berjalan jauh atau bersembunyi di tempat sempit demi menghindari kejaran pasukan musuh.

Foto-foto di bawah diambil tanggal 19 Maret 1945 (dan bukan tanggal 20 April atau pas ulang tahun Hitler seperti yang banyak diberitakan!). Tanggal tersebut juga merupakan tanggal terakhir fotografer atau kameraman Nazi mengambil gambar Hitler dalam acara resmi (bila anda melihat cuplikan filmnya, maka anda bisa melihat seorang fotografer mengambil gambar di waktu yang sama!). Setelah upacara selesai, Hitler lalu melakukan inspeksi sepintas lalu terhadap ruang makan Reichskanzlei yang terletak di sebelah taman. Para bocah Hitlerjugend sendiri sebenarnya berdiri di dasar anak tangga yang mengarah ke bagian belakang kantor Hitler yang berada berhadapan dengan taman. Setelah Hitler pindah tempat, kameraman film tidak mengikuti Hitler yang pergi menuju ke ruang makan bersama dengan SS-Obergruppenführer Julius Schaub. Foto-foto yang diambil di ruang makan, di antara puing-puing, inilah yang merupakan foto TERAKHIR dari Hitler. Sebenarnya terdapat tiga buah foto, hanya saja yang umum beredar cuma satu foto saja sementara dua lainnya jarang diketahui. Saat Hitler dan Schaub melihat-lihat bekas kerusakan yang terjadi, Martin Bormann masuk dan bergabung dengan mereka. Satu foto terakhir memperlihatkan ketiga orang ini, dan inilah yang bisa dikatakan benar-benar merupakan FOTO TERAKHIR DARI ADOLF HITLER!

Sebenarnya terdapat dua acara penganugerahan medali bagi para bocah Hitlerjugend yang hanya berselang seminggu antara satu dengan yang lainnya. Penganugerahan satu lagi dihadiri oleh Menteri Propaganda Joseph Goebbels dan mengikutsertakan pula para anggota tua Volkssturm. Edisi terakhir dari "Völkischer Beobachter" bertanggal 20 April 1945 juga memberitakan mengenai upacara ini. Pada saat itu koran yang merupakan corong utama Partai Nazi tersebut hanya terdiri dari satu lembar kertas yang dilipat menjadi empat halaman, dan telah seperti ini dari sejak bulan Februari 1945. Pada saat ulang tahunnya (20 April), Hitler memang mengadakan upacara penganugerahan medali bagi para bocah Hitlerjugend, hanya saja upacara tersebut diadakan di dalam Reichskanzlei dan bukan diluarnya, juga tanpa ada fotografer yang mengabadikan sehingga tidak ada satupun foto yang merekam upacara tersebut.

---------------------------------------------------------------

 Pada tanggal 9 Februari 1945, hanya berselang tiga bulan sebelum menembak dirinya sendiri di tengah puing-puing kota Berlin, Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) terlihat asyik mengamati maket rencana pusat budaya Linz di ruangan bawah tanah Neue Reichskanzlei, dalam sebuah foto yang diambil oleh fotografer pribadinya, Walter Frentz. Ini merupakan kunjungan pertama sang Führer, dan terkadang dia akan mengunjungi ruangan yang sama beberapa kali dalam sehari hanya untuk mengalihkan perhatian sejenak dari situasi militer yang sudah tak ada harapan lagi (Tentara Merah Soviet dan Sekutu semakin mendekati kota Berlin dari waktu ke waktu). Untuk mensimulasi perbedaan waktu siang dan malam serta efeknya terhadap maket tersebut, sebuah lampu khusus telah disediakan di sudut-sudut ruangan tertentu. Hitler sendiri seringkali terlihat membungkukkan badannya sejajar dengan miniatur jalan raya, sehingga dia bisa membayangkan bagaimana rasanya berjalan-jalan di tengah maket, beralih dari satu bangunan ke bangunan yang lain. BTW, foto ini - dan beberapa foto lain yang diambil pada saat yang sama - bisa dibilang merupakan foto berwarna terakhir dari Hitler!


 Dari kiri ke kanan: Hermann Giesler (Architekt), Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler), dan Reichsleiter Robert Ley (Leiter Deutsche Arbeitsfront). Foto ini diambil di ruangan bawah tanah Neue Reichskanzlei (Kekanseliran Baru) pada tanggal 9 Februari 1945 oleh fotografer pribadi Hitler dari Luftwaffe, Walter Frentz. Sang Führer tampak sedang mengamati maket pusat budaya Linz yang rencananya akan dibangun apabila perang telah selesai. Linz sendiri adalah sebuah kota di Austria yang pernah menjadi tempat tinggal Hitler di masa kecilnya. Ketika akhirnya perang benar-benar usai tiga bulan kemudian, Adolf Hitler sudah keburu tewas akibat bunuh diri di puing-puing kota Berlin!


 Dari kiri ke kanan: Hermann Giesler (Architekt), SS-Hauptsturmführer Heinz Linge (Persönlicher Ordonnanzoffizier Führer und Reichskanzler), SS-Obergruppenführer und General der Waffen-SS Dr.jur. Ernst Kaltenbrunner (Chef Reichssicherheitshauptamt), serta Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler). Foto ini diambil di ruangan bawah tanah Neue Reichskanzlei (Kekanseliran Baru) pada tanggal 9 Februari 1945 oleh fotografer pribadi Hitler dari Luftwaffe, Walter Frentz. Sang Führer tampak sedang mengamati maket pusat budaya Linz yang rencananya akan dibangun apabila perang telah selesai. Linz sendiri adalah sebuah kota di Austria yang pernah menjadi tempat tinggal Hitler di masa kecilnya. Ketika akhirnya perang benar-benar usai tiga bulan kemudian, Adolf Hitler sudah keburu tewas akibat bunuh diri di puing-puing kota Berlin!


 Dari kiri ke kanan: Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler), Hermann Giesler (Architekt), SS-Obergruppenführer und General der Waffen-SS Dr.jur. Ernst Kaltenbrunner (Chef Reichssicherheitshauptamt), serta SS-Hauptsturmführer Heinz Linge (Persönlicher Ordonnanzoffizier Führer und Reichskanzler). Foto ini diambil di ruangan bawah tanah Neue Reichskanzlei (Kekanseliran Baru) pada tanggal 9 Februari 1945 oleh fotografer pribadi Hitler dari Luftwaffe, Walter Frentz. Sang Führer tampak sedang mengamati maket pusat budaya Linz yang rencananya akan dibangun apabila perang telah selesai. Linz sendiri adalah sebuah kota di Austria yang pernah menjadi tempat tinggal Hitler di masa kecilnya. Ketika akhirnya perang benar-benar usai tiga bulan kemudian, Adolf Hitler sudah keburu tewas akibat bunuh diri di puing-puing kota Berlin!


Sampul depan koran "Völkischer Beobachter" (Pengamat Völkisch) edisi 12 April 1945 yang memperlihatkan foto upacara penganugerahan medali untuk para Hitlerjugend yang dihadiri oleh Adolf Hitler. Ini membuktikan bahwa upacara ini tidaklah diselenggarakan pada saat ultah Hitler (20 April 1945) seperti yang selama ini banyak dikutip di media maupun internet! Di koran itu sendiri disebutkan bahwa upacara ini diadakan pada tanggal 19 Maret 1945


Foto ini memperlihatkan saat Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) baru saja datang ke tempat acara ramah-tamah dengan para anggota belia Hitlerjugend yang berprestasi dalam pertempuran melawan Tentara Merah di sekitar Berlin, dan langsung disambut oleh kata-kata "Heil mein Führer!" dari Reichsjugendführer Artur Axmann. Penganugerahan medali untuk mereka sendiri telah dilaksanakan beberapa saat sebelumnya oleh Axmann (perhatikan Eisernes Kreuz II klasse yang terpasang di dada para Hitlerjugend!), sementara yang Hitler lakukan hanyalah bersalaman, menepuk pipi sambil memberi selamat kepada bocah-bocah tersebut. Deretan jendela ruang makan Reichskanzlei berada tepat di belakang tangan Axmann yang terangkat. Sesudah upacara selesai, Adolf Hitler, Julius Schaub dan Martin Bormann langsung menginspeksi kerusakan yang terjadi di ruang makan. Disanalah foto terakhir Hitler diambil, tanggal 19 Maret 1945, 1 bulan dan 10 hari sebelum dia bunuh diri! Di belakang Hitler berdiri SS-Gruppenführer und Generalleutnant der Waffen-SS Hermann Fegelein (Verbindungsoffizier zwischen dem Reichsführer SS und dem Führerhauptquartier)


Acara ramah-tamah Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) bersama dengan para anggota Hitlerjugend yang berprestasi dalam pertempuran melawan Tentara Merah di sekitar Berlin. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 19 Maret 1945 di Taman Reichskanzlei (Kekanseliran) yang terletak di Voßstraße, Berlin, dan tercatat sebagai penampilan terakhir Hitler di depan publik! Dalam foto ini, kita bisa melihat sang Führer sedang menyalami salah seorang anggota Hitlerjugend, sementara di belakangnya yang terlihat samar adalah SS-Gruppenführer und Generalleutnant der Waffen-SS Hermann Fegelein (Verbindungsoffizier zwischen dem Reichsführer SS und dem Führerhauptquartier)


Adolf Hitler memegang bahu seorang anggota Hitlerjugend. Paling kanan adalah Wilhelm "Willi" Hübner, yang mendapat Eisernes Kreuz II klasse setelah penaklukan kembali Lauban di bulan Maret 1945. Dia bertugas sebagai pembawa pesan dan keberaniannya dalam pertempuran tersebut membuatnya mendapatkan penhargaan yang selayaknya


Adolf Hitler menepuk pipi Wilhelm Hübner. Dikatakan bahwa saat upacara ini dilangsungkan, Hübner berusia 16 tahun. Hmmm... Silakan anda nilai sendiri apakah perawakannya (dan juga suaranya dalam cuplikan video di bawah) apakah sesuai dengan remaja berusia 16 tahun!


Adolf Hitler bersalaman dengan Alfred Czech. Hitlerjugend yang hidungnya bertemu dengan hidung Hitler (kelima dari kanan) bernama Erwin Schiedewig

 Sekarang bagian pipi Alfred Czech yang ditepuk oleh Hitler!


Untuk membuktikan sekali lagi bahwa acara ini tidak diselenggarakan pada saat ulang tahun Hitler: perhatikan captionnya yang menyatakan bahwa foto ini diambil pada tanggal 19 Maret 1945!


Anggota Hitlerjugend lain mendapat giliran diselamati oleh Sang Führer


Dalam foto ini kita bisa melihat asisten Heinrich Hoffmann sedang mengambil gambar di sebelah kanan


Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) memberikan wejangan kepada para anggota Hitlerjugend yang berprestasi dalam pertempuran melawan Tentara Merah di sekitar Berlin. Foto ini diambil pada tanggal 19 Maret 1945 di Taman Reichskanzlei (Kekanseliran) yang terletak di Voßstraße, Berlin, dan tercatat sebagai penampilan terakhir Hitler di depan publik! Dari kiri ke kanan: SS-Obersturmbannführer Heinz Lorenz (Oberbereichsleiter der NSDAP), Reichsjugendführer Artur Axmann, SS-Gruppenführer und Generalleutnant der Waffen-SS Hermann Fegelein (Verbindungsoffizier zwischen dem Reichsführer SS und dem Führerhauptquartier), SS-Obergruppenführer Julius Schaub (Chefadjutant Führer und Reichskanzler), Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler), SS-Sturmbannführer Otto Günsche (persönlicher Adjutant Führer und Reichskanzler), General der Infanterie Wilhelm Burgdorf (Chef Heerespersonalamt), dan SS-Obersturmbannführer Heinz Linge (Persönlicher Ordonnanzoffizier Führer und Reichskanzler)


Dan ini adalah foto tanpa crop dari versi sebelumnya. Disini kita bisa mengetahui bahwa foto ini diambil di sela-sela bahu dua orang Hitlerjugend, sementara di sebelah kanan adalah ruangan observatorium taman


Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) menyalami para anggota Hitlerjugend yang berprestasi dalam pertempuran melawan Tentara Merah di sekitar Berlin. Foto ini diambil pada tanggal 19 Maret 1945 di Taman Reichskanzlei (Kekanseliran) yang terletak di Voßstraße, Berlin, dan tercatat sebagai penampilan terakhir Hitler di depan publik! Ikut mengiringi bersamanya Reichsjugendführer Artur Axmann (Panglima Hitlerjugend), sementara berdiri di belakang adalah, dari kiri ke kanan: General der Infanterie Wilhelm Burgdorf (terpotong, Chef Heerespersonalamt), SS-Sturmbannführer Otto Günsche (persönlicher Adjutant Führer und Reichskanzler), SS-Gruppenführer und Generalleutnant der Waffen-SS Hermann Fegelein (Verbindungsoffizier zwischen dem Reichsführer SS und dem Führerhauptquartier), dan SS-Obersturmbannführer Heinz Linge (Persönlicher Ordonnanzoffizier Führer und Reichskanzler)

 Cuplikan dari film berita "Die Deutsche Wochenschau" edisi 8 April 1945 yang memperlihatkan para anggota Hitlerjugend diwawancarai tak lama setelah upacara penganugerahan medali bersama Hitler selesai. Bocah imut di foto atas adalah Wilhelm Hübner, sementara yang bawahnya tidak diketahui. Sekali lagi ini membuktikan bahwa upacaranya tidak diselenggarakan pada hari ultah Hitler!


Ini adalah Alfred Czech, bocah anggota Jungvolk dari Goldenau (Silesia Atas) berusia 12 tahun yang dianugerahi Eisernes Kreuz II klasse bulan Maret 1945 atas kepahlawanan yang ditunjukkannya saat membela rumahnya dari serangan musuh. Dia tercatat sebagai penerima Eisernes Kreuz termuda dalam sejarah!


Adolf Hitler dan Julius Schaub di puing-puing yang sebelumnya adalah ruang makan Reichskanzlei. Perhatikan jas yang dipakai oleh Hitler dan juga kerahnya yang terangkat, perhatikan pula seragam Schaub. Ini sama persis dengan pakaian yang digunakan dalam upacara penganugerahan medali Hitlerjugend, dan ini menandakan bahwa kedua sesi foto tersebut diambil pada hari yang sama!


 Halaman dari suratkabar "Völkischer Beobachter" edisi tanggal 20 Maret 1945 yang memberitakan kejadian penting sehari sebelumnya (19 Maret). Salah satu berita yang disajikan adalah tentang acara tatap-muka antara Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) dengan 20 orang anggota belia Hitlerjugend yang berprestasi dalam pertempuran melawan pasukan Soviet di Pomerania, Niederschlesien dan Oberschlesien. Salah satu dari mereka disebutkan namanya: Alfred Czech, anggota Jungvolk berusia 12 tahun asal Goldenau (Oberschlesien), yang dianugerahi Eisernes Kreuz II.Klasse sebagai penghargaan atas kepahlawanan yang ditunjukkannya dalam membela rumahnya dari serangan musuh. Dia tercatat sebagai penerima Eisernes Kreuz termuda dalam sejarah!


Untuk menambah "bumbu" mengenai kontroversi foto terakhir Hitler, di atas adalah foto yang diambil di Führerbunker saat Hitler memberi selamat kepada Theodor Tolsdorff (pangkat terakhir Generalleutnant) atas penganugerahan medali Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub, Schwerter und Brillanten ke-25 dengan disaksikan oleh Generalfeldmarschall Wilhelm Keitel. Tolsdorff sendiri menerimanya tanggal 18 Maret 1945, dan biasanya ini adalah pemberitahuan yang dikirim melalui telegram. Tentunya Tolsdorff harus pulang dari front dan pergi ke bunker, yang berarti bahwa foto Tolsdorff di bunker ini diambil SETELAH tanggal 18 Maret! Mungkinkan dia diambil setelah tanggal 20 Maret, tanggal penganugerahan medali Hitlerjugend yang juga tanggal yang secara resmi dianggap sebagai saat terakhir Hitler difoto? Dahsyatnya, DISINI disebutkan bahwa penunjukan Tolsdorff sebagai Panglima LXXXII Armeekorps di Balkan sekaligus promosinya menjadi Generalleutnant berlangsung tanggal 1 April 1945. Apakah ini berarti bahwa tanggal inilah tanggal yang sama saat dia bertemu dengan Hitler di bunker Berlin?


 

Sumber :
Buku "Hitlers Bunker : A Boy Soldiers Eyewitness account of the Fuhrer's last days" oleh Armin Lehmann
Buku "In A Raging Inferno" oleh Hans Holztrager
Foto koleksi Bundesarchiv Jerman
Foto koleksi pribadi Mark Costa 
www.20juli1944.de
www.adolfhitlerbestpictures.blogspot.com
www.commons.wikimedia.org
www.dachaukz.blogspot.com
www.englishrussia.com
www.forum.axishistory.com
www.gonemovies.com
www.hitler-archive.com 
www.jvisbeek.dds.nl
www.life.com
www.retrobazar.com
www.spiegel.de

1 comment:

Unknown said...

Lihat foto-foto terakhir Hitler ngerasa ngenonton film Downfall