Saturday, October 29, 2011

Album Foto Wajah Serupa dan Kembar Third Reich


Pertamanya sih hanya iseng ingin mengumpulkan beberapa figur Third Reich yang saya kenal, yang kebetulan (setidaknya di mata saya lho!) mempunyai wajah atau penampilan yang mirip dengan wajah lainnya, bisa dari Nazi Jerman sendiri, selebriti, atlet atau orang biasa. Karena itulah saya mulai mengumpulkan sebisa mungkin kumpulan orang-orang 'kembar' ini. Semoga bisa menjadi hiburan di saat bertempur! :-)


Oberwachtmeister Karl-Heinrich Banze (kiri) dan Major im Generalstab Gottfried Geißler. Dua-duanya adalah peraih Ritterkreuz dari Sturmgeschütz-Abteilung, dan dalam foto ini mempunyai senyum dan hidung yang identik serta memakai stahlhelm yang sama persis!


Awas jangan tertukar! Yang kiri adalah perwira Wehrmacht (beneran) bernama Ferdinand Kuester yang berpangkat Hauptmann dan merupakan seorang Ritterkreuzträger (peraih Ritterkreuz) dari Grenadier-Regiment 58, sementara yang kanan diambil dari film "The Bridge at Remagen" dan memperlihatkan pemeran utamanya, Robert Vaughn, yang berperan sebagai Major Paul Krüger


Generalfeldmarschall Erich von Manstein (kiri) dan General der Panzertruppe Willibald Freiherr von Langermann und Erlencamp. Begitu miripnya kedua orang ini (perhatikan topi, kacamata, bahkan ubannya!) sampai-sampai lembaga resmi semacam Bundesarchiv Jerman salah memberikan identifikasi atasnya! Lihat DISINI


Generaloberst Franz Halder (kiri) dan Generalleutnant z.V. Friedrich "Fritz" Haselmayr. Dua-duanya sama berinisial FH!


Sepertinya contoh yang paling terkenal pastilah Adolf Hitler dengan Charlie Chaplin!


Generalmajor Adelbert Schulz dengan aktor Alec Baldwin. Kebetulan dalam foto ini Schulz berpenampilan mirip sekali dengan suaminya Kim Bassinger, walaupun dalam kenyataannya jenderal jago strategi perang tank ini berkepala botak dan, tentu saja, kalah ganteng dibandingkan dengan Alec Baldwin!


Generalmajor Karl Göbel dengan aktor Ernest Borgnine. Yang pernah nonton serial "Airwolf" dulu media 1990-an awal di RCTI pasti kenal bapak-bapak satu ini!


Generalfeldmarschall Fedor von Bock dengan General Erich Heinrich Clößner. Sama-sama jenderal Heer, sama-sama dianugerahi Ritterkreuz, sama-sama difoto dari pinggir, dan yang jelas sama-sama mirip! Hehehe...


Ini yang mengagumkan, kemiripan yang luar biasa antara General der Panzertruppe Nikolaus von Vormann dengan musuh besarnya dari Amerika, Fieldmarshall Dwight David Eisenhower!


Masih kurang? Jangan terkejut! Yang jelas saya sendiri terheran-heran ketika mendapati bahwa General der Flieger Otto-Hoffmann von Waldau SUANGAT mirip dengan Fieldmarshall Douglas MacArthur, yang terkenal dengan slogannya : "I shall return, motherfucker!" (hehehe... buat kata terakhir, itu cuma tambahan dari saya saja!)


General der Flakartillerie Richard Reimann dengan aktor Richard Burton. Itu tuuh, mantan suaminya Elizabeth Taylor setengah mateng!


Gauleiter Friedrich Karl Florian dengan jago terbang Jerman dalam Perang Dunia Pertama, Manfred von Richthofen atau si 'Red Baron'. Bukan hanya wajahnya yang mirip, tapi juga topi dan jaketnya!


Fregattenkapitän Albrecht Brandi (jago u-boat) dengan pesepakbola Jerman Oliver Bierhoff. Gaya rambutnya juga, menurut saya, mirip!



Brigadeführer Kurt 'Panzermeyer' Meyer dengan anak kecil dari antah berantah. Memang sih wajahnya jauh dari mirip, tapi tahu kan kenapa saya memasang mereka berdua disini?


SS-Obersturmführer Horst Gresiak dan Irfan Bachdim. Anda bisa menilai sendiri bagian mana dari muka mereka yang paling mirip!


Generalfeldmarschall Maximilian von Weichs sangat serupa dengan Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat Donald Rumsfeld!


Untersturmführer Franz Staudegger mirip dengan Chris Klein. Yang pernah nonton 'American Pie' pasti tahu cowok yang jadi gebetannya Mena Suvari ini. Dan kalaulah Staudegger hidup di zaman sekarang, dia pasti tidak akan menjadi jagoan panzer tapi model majalah!


Ini dia, akhirnya ada juga orang Indonesia yang mirip dengan tentara Nazi. Ya, tidak lain dan tidak bukan, dialah Ricky Subagja, pebulutangkis terkenal yang wajahnya serupa tapi tak sama dengan prajurit Wehrmacht yang tak diketahui namanya ini!


Sturmbannführer Heinrich 'Hein' Springer berwajah kembar dengan Dolph Lundgren, aktor laga Bollywood eh Hollywood dari Skandinavia.


Standartenführer Joachim 'Jochen' Peiper mirip dengan Peter o'Toole, aktor yang terkenal lewat perannya di film 'Lawrence of Arabia'.


Reichsminister Albert Speer mirip dengan perwira Heer Friedrich 'Fritz' Allmacher. Speer muda pastilah berwajah persis sama dengan Allmacher!


Reichsmarschall Hermann Göring mirip dengan prajurit Waffen-SS yang tak diketahui namanya ini, terutama bibirnya!


Obersturmführer dari Divisi Prinz Eugen berwajah identik dengan Scott Bakula. Yang pernah nonton serial 'Quantum Leap' dulu di RCTI pasti tahu aktor ini!


Generalfeldmarschall Wilhelm Keitel mirip dengan aktor asal Inggris, John Cleese. Terutama kumisnya itu, Bo... Nggak nahan!


Generalfeldmarschall Erwin Rommel mirip dengan aktor Ed Harris, pemeran sniper Major Koenig dalam film 'Enemy At The Gates'. Sebelumnya saya sudah posting kemiripan Ed Harris dengan perwira Wehrmacht lainnya disini.


Foto ini, dan foto Brad Pitt di bawahnya, merupakan kiriman dari salah seorang pembaca blog bernama frosty höchstenGött (thanks berat, Kamerad!). Yang pertama diambil dari video YouTube (tapi sekarang sudah dihapus, entah kenapa?) dan mirip banget dengan pembalap legendaris MotoGP Valentino Rossi


Yang ini juga diambil dari video YouTube, dan kalau anda tidak tahu siapa cowok yang nongkrong di sebelah kanan... berarti anda kebanyakan nonton layar tancep!


Ternyata George Bush punya kembaran prajurit Panzertruppen zaman Nazi. Bisa jadi namanya adalah Georg Busch! Hehehe...


Oberst Werner Ebeling (kiri) dan SS-Brigadeführer Kurt "Panzermeyer" Meyer. Yang satu di Heer, lainnya di Waffen-SS


Major Karl-Heinz Holzapfel dan kiper legendaris Manchester United peter Schmeichel. Bule abiissss!!!


Vizeadmiral Bernhard Rogge dan Michael Schumacher. Cameuh cameuhnya sih identik!


Generalleutnant Heinrich Kittel dan Jack Nicholson. Mereka mirip banget terutama kalau lagi cemberut!


Aktor Robert de Niro dalam film "Taxidriver" mirip banget dengan perwira Wehrmacht di sebelah kanannya, termasuk potongan rambut Mohawk-nya!


Bisa tahu kan mana John Wayne yang asli sama yang abal-abal?


Kembarannya John Travolta. Bahkan belah dagunya pun sama!


Buset dah, ada Bruce Willis jadi tentara Nazi! Ini mah sih benar-benar "Die Hard"!


Generalmajor Adelbert Schulz dan Bruce Willis. Anehnya, kalau dilihat dari depan, wajah Schulz justru lebih mirip Alec Baldwin!


Pemimpin sukarelawan SS Wallonie Léon Degrelle dan pembalap F1 asal Italia Lorenzo Bandini


Menteri Luar Negeri Nazi Jerman Joachim von Ribbentrop dan "kembarannya", aktor asal Inggris Richard Attenborough. Sayang sekali Attenborough tak pernah memerankan Ribnentrop dalam film-filmnya!


Jagoan Luftwaffe, Oberst Werner Mölders dalam angle tertentu mempunyai wajah yang mirip dengan Kapten Herbert Sobel (yang diperankan oleh David Schwimmer) dalam miniseri "Band of Brothers". Terimakasih banyak buat pembaca blog frosty höchstenGött atas foto ini! :)


Kalau melihat dua foto ini, anda pasti mengira bahwa kedua-duanya adalah orang yang sama. Tapi perhatikan seragam mereka: yang satu Heer dan satunya lagi Luftwaffe! Mungkinkah kembar?


George Clooney waktu masih nyambi jadi prajurit Fallschirmjäger!


Prajurit panzer ini mirip dengan aktor dan komedian Inggris Martin Clunes


Panzer Gefreiter dan George Bush. Mungkin kalau versi Jermannya jadi Georg Busch!


Nggak nyangka ternyata Paul MacCartney pernah jadi anggota Kriegsmarine. Setidaknya kembarannya! Hehehe...


Sama-sama penggemar lolly pop: Yang satu perwira Wehrmacht, yang satunya lagi si botak aktor Telly Savalas yang terkenal lewat perannya sebagai Kojak


Setuju nggak kalau prajurit Flak Heer ini mirip dengan Robert de Niro?


Seorang prajurit Wehrmacht yang mirip dengan aktor Steve Buscemi (ingat film Armageddon?)


Kalau pelaut Kriegsmarine ini rada-rada mirip dengan komedian Marty Feldman


Perkerja pertambangan (Salzbergwerk) dari Berchtesgaden, dulu dan sekarang: Hampir nggak ada bedanya!


General der Flieger Eduard Dransfeld dengan aktor Jerman Hans Christian Blech. Blech juga adalah mantan tentara Wehrmacht dalam Perang Dunia II dan dikenal masyarakat luas lewat perannya sebagai ajudan Oberst Martin Hessler dalam film "Battle of the Bulge"


Perhatikan antara SA-Stabschef Viktor Lutze dengan aktor Hollywood Kevin Spacey... Mirip kan?


Josef Zwernemann (kiri) dan Max Stotz. Sama-sama berpangkat terakhir Hauptmann, sama-sama dari Luftwaffe, sama-sama jago udara, sama-sama penerima Eichenlaub, dan terakhir... sama-sama mirip banget wajahnya!


General der Kavallerie Georg Stumme dan Generalfeldmarschall Walther von Reichenau. Susah banget ngebedainnya, apalagi sama-sama memakai monocle di mata kanan!


Oberstleutnant Wilhelm Niggemeyer dan vokalis band WEEZER Rivers Cuomo, sama-sama penggemar kacamata dengan muka rada-rada 'nerd'!


SS-Brigadeführer Sylvester Stadler dan SS-Sturmbannführer Johannes Göhler. Begitu serupa baik di wajah maupun topi!


Adolf Hitler dan Nelson Mandela. Wajahnya sih nggak serupa, tapi posenya itu lho! Pas lagi di penjara lagi!


Generalleutnant Hyazinth Graf Strachwitz von Gross-Zauche und Camminetz (panzergraf), banyak yang bilang mirip dengan pemeran Rhett Butler dalam film legendaris 'Gone With The Wind'. Benarkah?



Yang jelas sih Generalmajor Gustav-Adolf von Nostitz-Wallwitz bukan berprofesi sebagai pesulap seperti David Copperfield, meskipun wajahnya rada-rada mirip!


Generalleutnant Helmut Friebe mirip dengan Oberstleutnant Ulrich Freiherr von Sell. Anda kenal salah satu di antaranya? :)

Oberstleutnant Gustav-Georg Knabe dengan aktor Ed Harris, pemeran sniper Jerman (Major König) dalam film 'Enemy At The Gates'. Seragamnya pun sama!


Oberstgruppenführer Joseph 'Sepp' Dietrich dengan anaknya sendiri! Anaknya berseragam mirip dengan bapaknya dalam suatu rekonstruksi ulang (reenactment), lengkap dengan segombreng penghargaan dan medali di dadanya. Sepp Dietrich yang asli yang kiri lho!


Oberstgruppenführer Joseph 'Sepp' Dietrich dengan perwira Heer. Eduan, wajahnya mirip bangged Brow, terutama kumisnya!


Oberst Günther Lützow dengan aktor Nick Nolte. Lützow adalah juga jago terbang Luftwaffe dengan 110 kemenangan dan peraih medali Schwerter.


Oberst Graf Claus-Schenk von Stauffenberg dengan Tom Cruise. Tidak salah sutradara Bryan Singer memasangkan Tom Cruise sebagai pemeran Stauffenberg, soalnya wajah mereka bagaikan pinang busuk dibelah dua!


Oberleutnant Walter Schuck dengan aktor remaja Justin Long. Schuck adalah jago Luftwaffe dengan 206 kemenangan udara! Wrrrr...


Major Heinrich Ehrler dengan aktor The Matrix Hugo Weaving. Ehrler adalah jago Luftwaffe (lagi!) dengan 208 kemenangan, tapi mengalami nasib yang tragis ketika dia dituduh menjadi penyebab kegagalan da.... Aaah! Nanti saja ngebahas orang ini!


Hauptmann Hans-Joachim Marseille dengan aktor Joaquin Phoenix. Bedanya, Phoenix mempunyai bekas operasi bibir sumbing (WTF?) di bawah hidungnya, sedangkan Marseille? Secara jujur, saya belum pernah menemui manusia yang setampan jagoan perang ini!


Hauptmann der Reserve Willy Albrecht dengan master sepakbola Zlatan Ibrahimovic. Kebangetan banget kalau tidak bisa melihat kesamaan identik di antara mereka!


Generaloberst Erwin Jaenecke dengan aktor pemeran James Bond, Daniel Craig. PUAS! PUAS!


Sumber :
Foto koleksi Bundesarchiv Jerman
Foto koleksi pribadi PzV
www.brigada1sexto.com.br
www.de.sevenload.com
www.en.wikipedia.org
www.fanpop.com
www.forum.axishistory.com
www.investdesert.com
www.militaryautographs.com
www.nathanfrancis79.blogspot.com
www.pictures.topspeed.com
www.rommel-lebt.com
www.wehrmacht-awards.com