Tuesday, June 7, 2011

Album Foto Anjing (Hunde) Nazi Jerman


Hundewappen

Peralatan khusus untuk mengkontrol anjing

Petugas Feuerwehr dengan hunde mereka


Dua orang prajurit sandi infanteri dari Infanterie-Regiment 101 di akhir tahun 1930-an bersama dengan anjing-anjing pengantar pesan. Orang di kanan memakai bundel kecil yang berisi beberapa kontainer untuk menyimpan surat. Bundel ini tergantung di ikat pinggangnya, bersama dengan tas yang berisi blok-blok untuk menulis


Dua orang prajurit Heer dengan anjing jenis Boxer Jerman. Dalam Perang Dunia Pertama, anjing jenis ini digunakan untuk membantu tugas-tugas militer seperti pengirim pesan, pembawa barang, anjing penyerang dan penjaga. Baru setelah Perang Dunia Kedua anjing Boxer mulai dikenal oleh dunia secara luas. Ketika para prajurit membawanya pulang dari perang, mereka mendapat tambahan tugas baru sebagai anjing hias dan anjing penjaga rumah. Orang pertama yang mengembangkan pelatihan terhadap anjing jenis ini di Jerman adalah Friederich Roberth dari Münich


Lucu banget ekspresi anjing ini. Kayaknya dia dipaksa buat ikutan foto bareng para prajurit SS dari 17.SS-Panzergrenadier-Division "Götz von Berlichingen"!

Mungkin kalau si anjing ini bisa berbicara, dia akan berkata, "Om, saya baru saja buang hajat disitu!"


Tak ada keterangan mengenai nama sang Oberleutnant Luftwaffe, hanya ada keterangan nama anjing di belakang foto ini: Bero von Possenhofen!

Jalur patroli SS-Hundeführer di bekas kamp konsentrasi Buchenwald. Isolator kaca/porselin di pos, bersama dengan kawat berduri, merupakan godaan yang sulit untuk dihilangkan bagi para pemburu suvenir yang berkunjung kesini!

Kotak pembungkus "medali meja" RDH (Reichs Verband für das Deutsche Hunde Wesen - Liga Nasional Untuk Pembiakan Anjing Jerman). Medali ini 100% terbuat dari bahan perunggu dan sangat berat untuk ukurannya (diameter 20cm)!

Foto ini diambil di Auffanglager, Belgia, dan memperlihatkan SS-Sturmbannführer Schmitt bersama dengan anjing herdernya yang bernama 'Lump'. Dia biasa membiarkan anjingnya berkeliaran lalu menggigit masyarakat sekitar, tanpa memberikan perawatan medis terhadap para korban malang tersebut sesudahnya. Yang dia khawatirkan hanyalah bahwa anjingnya dapat tertular infeksi dari para "untermenschen" tersebut!


Foto yang juga memperlihatkan SS-Sturmbannführer Schmitt dan anjingnya di Auffanglager Breendonk. Dari kiri ke kanan: Frans Wilms, Arthur Prauss, Schmitt, Ernst Lais, dan Walter Müller

Tidak ada kuda anjing pun jadi!

4.Feldhundestaffel SS di timur laut Italia

Foto-foto Kriegshunde (anjing perang)


Meldehund (pelatih anjing)


Tidak hanya tentara, bahkan anjing Wehrmacht pun punya tanda pengenal (dogtag) khusus yang menunjukkan unit tempat dia "bertugas"!


Selain dogtag, anjing Wehrmacht juga dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang secara detail menjelaskan biodatanya (lahir, jenis, nama, fungsi, bahkan golongan darah!). Kalau yang teliti-teliti gini memang orang Jerman nomor satu dah! Sebagai contoh adalah dokumen di atas yang merupakan data milik seekor Kriegshunde jenis Neufundlander bernama "Bellinda". Di foto paling bawah, perhatikan pula bahwa nama-nama anjing ini keren banget kedengarannya: Hans, Adonis, Nero, Rex, Greta dsb!


Bermain-main dengan anjing


Anak anjing "petugas" Flak 20mm


Monster kecil ini tampaknya paling sedikit membutuhkan dua buah pengikat!


Pasukan Polizei dan anjing mereka. Perhatikan dua "orang mabok" di sebelah kanan! Sebenarnya mereka adalah dua orang polisi yang menggunakan pakaian sipil


Bocah Hitlerjugend dengan anjingnya



Foto-foto propaganda dari "Der Hunde mit der Meldekapsel"


Latihan lapangan di atas salju (perhatikan senapan mesin buatan Cekoslowakia yang digunakan!). Tujuannya adalah untuk membiasakan si anjing terhadap suara bising senapan dalam jarak dekat. Peluru yang digunakan adalah peluru kosong dan bukan peluru yang terisi amunisi, yang terlihat dari ceceran selongsong di bawah senapan


Foto yang diambil sebelum Perang Dunia II dan memperlihatkan acara "perang-perangan". Perhatikan penutup mulut anjing yang terbuat dari kulit, pengikat yang juga terbuat dari kulit (pengikat rantai standarnya malah diselempangkan di dada si pawang!), dan tabung pembungkus pesan anjing (yang juga melintang di dada pawangnya). Orang di sebelah kanan menggunakan pita lengan dan topi berwarna putih, yang menunjukkan bahwa dia adalah juri dalam acara ini


Para anggota SA berfoto bersama anjing mereka yang seremnya minta ampun!


Di belakang foto yang terdapat dalam album anggota Infanterie-Regiment 18 ini tercantum tulisan tangan yang berbunyi: "gugur dalam ilusi, 1937"


Tampaknya anjing ini adalah miniatur doberman!


Offizier Luftwaffe dan hunde-nya


Perwira sanitäter berfoto dengan suster dan anjingnya, yang kemungkinan berjenis Daschund


Barisan anjing penjaga


Anjing dan kaleng masker gas...


Prajurit SS dengan anjingnya


Peraih Deutsches Kreuz in Gold yang tidak diketahui namanya dari Divisi Panzer SS "Wiking" ini sedang bercanda dengan dua ekor anak anjing


Anjing gembala Jerman dengan perwira RAD


Foto anak anjing lucu yang nongkrong di dalam sepatu ini berasal dari "Panzer Grenadiere - der Panzerdivision 'Wiking' im bild"


Foto ini diambil dari sebuah majalah Jerman terbitan bulan Juni 1941. Judul beritanya adalah "Kriegshunde" (Anjing Perang), sementara caption fotonya sendiri berjudul "Anjing perang menemukan seorang prajurit yang terluka"


Masih dari majalah yang sama. Kali ini menampilkan seekor anjing dengan gulungan kabel


Prajurit dan perwira Heer dengan anjing mereka


Anjing bernama BOBBY ini diadopsi oleh tentara Jerman saat masa tinggal mereka di Flanders (Belgia)


Anjing gembala Jerman dengan pakaian Wehrmacht!


Prajurit dan Perwira Luftwaffe dengan anjingnya


Para pilot Luftwaffe dengan piaraan mereka


Bintara Luftwaffe dengan Pitbull-nya


Anjing dengan pipa cangklong di mulut!

Para perwira Wehrmacht berfoto bersama di sebuah rumah sakit lapangan. Semuanya ada (Heer, Luftwaffe, Kriegsmarine) kecuali SS. Nggak tahu tuh sang anjing kepunyaannya siapa kok nongkrong paling depan!

---------------------------------------------------------------------




Sumber :
Foto koleksi pribadi 12thPanzer (Bill T.)
Foto koleksi pribadi Akira Takiguchi
Foto koleksi pribadi Andreas Nilsson
Foto koleksi pribadi Hundestaffel
Foto koleksi pribadi Jos Le Conté
Foto koleksi pribadi Larrister
Foto koleksi pribadi Oleg Zverkov
Foto koleksi pribadi R. Michael
Foto koleksi pribadi Todd Glysen
Foto koleksi pribadi Vincent S.
Majalah "Der Adler" edisi 9 Januari 1940

www.flemishmilitariacollection.be
 www.forum.axishistory.com
www.germanpostalhistory.com
www.gmic.co.uk
www.photo-war.com
www.wehrmacht-awards.com

No comments: