Monday, May 26, 2014

Album Foto Kaiserliche Schutztruppen (Pasukan Kolonial Kekaisaran Jerman)

Seorang Major Schutztruppe menunggang buaya sambil mengenakan seragam tugas lapangan kolonial. Warna biru di topinya menerangkan bahwa dia berasal dari Afrika Barat Daya. Bertentangan dengan pandangan umum, Schutztruppen (arti harfiahnya: Pasukan Pelindung) secara organisasi BUKAN bagian dari angkatan darat atau angkatan laut meskipun secara kemiliteran mereka mendapat pelatihan dan senjata yang sama. Kantor mereka terletak di Mauerstrasse Berlin, berdekatan dengan Kantor Kolonial Reich (Reichskolonialamt)


Prajurit yang bertugas di Schutztruppe di Afrika mengenakan topi koboi yang salah satu sisinya dilipat (mirip-mirip tentara kolonial Belanda). Seragam mereka yang berwarna coklat cerah biasanya terbuat dari bahan korduroy (sejenis beludru)


 Prajurit Askari yang bertugas di Afrika Timur. Mereka semua mengenakan seragam lapangan Kolonial berwarna coklat terang dan topi fez yang memanjang di belakang (mirip topi prajurit Jepang dalam Perang Dunia II). Mereka bersenjatakan senapan model 1871/84 yang sudah ketinggalan zaman


 Musisi lapangan Askari di Afrika Timur Jerman. Mereka mengenakan wing khusus musisi berwarna perpaduan merah dan putih di bagian bahu. Lencana Palang Merah yang terpasang di lengan drummer yang berdiri di kanan menandakan bahwa pemiliknya adalah Sanitätsunterpersonal (anggota bintara medis)


 Askari dari Schutztruppe Kamerun Jerman mengenakan fez merah yang mudah dikenali dengan plat elang Kekaisaran Jerman di bagian muka. Perhatikan chevron merah yang dikenakan di lengan Unteroffizier (Sersan) yang duduk di kanan!


Sumber :
Buku "Uniforms of the German Soldier; an Illustrated History from 1870 to the Present Day" karya Alejandro M. De Quesada

No comments: