Monday, May 19, 2014

Ersatz Panther M10 si "Penyelusup Dalam Samaran"

Ersatz Panther M10


Oleh : Herry Cavalera

"Intruder in Disguise"

Panzerkampfwagen V Panther yang akan dibahas di artikel berikut ini bukanlah Panther yang umum dan biasa yang terlihat di operasikan militer Jerman di medan Perang Dunia Kedua.

Betapa tidak ? Pasalnya, sepintas orang akan mengira kalau tank yang satu ini adalah tank militer Amerika Serikat. Ya memang Panther yang satu ini di desain khusus menyerupai tank M10 Tank Destroyer milik Angkatan Darat Amerika Serikat. Mengapa ? Berikut ulasan nya.

Dalam Ofensif Ardennes atau Wacht am Rhein, Jerman meluncurkan Unternehmen Greif, sebuah misi komando khusus yang menyusup ke belakang garis pertahanan Pasukan Amerika di hutan Ardennes dengan tugas menguasai beberapa jembatan di sungai Meuse, mensabotase dan mengacaukan pasukan Amerika. Pasukan itu adalah 150. SS-Panzer Brigade dibawah pimpinan SS-Obersturmbannführer Otto Skorzeny.

Dalam operasi ini, Pasukan Komando Skorzeny menyamar menjadi pasukan Amerika. Selain dibutuhkan personel yang mampu berbahasa Inggris, juga diperlukan perlengkapan militer Amerika, baik persenjataan, seragam dan, yang terpenting, kendaraan. Untuk tank, hanya ditemukan tiga tank Sherman yang masih layak jalan. Sisanya hanya berupa Jip, Truk, dan kendaraan lain.

Untuk melengkapi kebutuhan akan tank, maka lima unit tank Panther ditarik ke pabrik dan dirombak. Perombakan dilakukan dengan mengelas ulang lapisan baja depan menjadi polos hanya dengan jendela palka pengemudi tanpa MG ball, pengelasan juga dilakukan di kanan kiri body untuk mengganti armornya dengan plat baja tipis. Lalu pada bagian turet dilakukan pembenahan dengan mencopot cupola dan memangkas bagian belakang turet serta membiarkan bagian atap turet terbuka. Kemudian, meriam diganti dengan meriam laras pendek berkaliber 7.5 cm. Sentuhan terakhir dilakukan dengan mengecat body tank dengan warna hijau gelap dan laburan lambang bintang U.S. Army.

Kelima Panther tersebut diberi label Ersatz Panther M10 dan ditempatkan di 2 peleton dalam Kampfgruppe X. Dua peleton tersebut adalah "Wolf" dan "Brüm". Wolf kebagian jatah 3 Panther M10 dan Brüm 2. Pada saat operasi, kelima Panther tersebut sukses menembus pos pemeriksaan Amerika dan mendekati target nya masing masing.

Tatkala terdengar desas desus akan ada nya penyusupan oleh prajurit Jerman, pasukan Amerika mulai menyisir setiap barak, kompi dan batalyon dengan membuat dan menanyakan pertanyaan rahasia yang hanya orang Amerika saja lah yang mampu menjawab. Salah satu Panther tersebut di berhentikan oleh beberapa Polisi Militer Amerika untuk diperiksa. Mereka tidak bisa menjawab pertanyaan dan ketiga awaknya ditahan, nasib keempat Panther yang lain juga tak beruntung. 3 Panther dari Wolf dibawah komando SS-Scharführer Haifisch terlibat baku tembak dengan unit unit infanteri Amerika di kawasan jembatan Huy dan ketiga nya "knocked out" setelah datangnya unit lapis baja dari divisi 99th Infantry Division. Sedangkan satu Panther lagi ditinggalkan oleh awaknya.

Insiden itu disusul dengan kegagalan Unternehmen Greif dan serangan balasan sekutu yang mengakhiri Unternehmen Wacht am Rhein.


Sumber :



No comments: