Thursday, September 22, 2011

Foto Berghof, Rumah Peristirahatan Hitler

TANGGA

 Adolf Hitler (Führer und Reichskanzler) menyambut kedatangan Raja Carol II dari Rumania yang sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman. Foto ini diambil di tangga rumah peristirahatan pribadi Hitler di Berghof, Obersalzberg, pada tanggal 24 November 1938. Untuk identitas orang-orang yang berada di latar belakang adalah, dari kiri ke kanan: SS-Obersturmführer Max Wünsche (Ordonnanzoffizier in der Führerbegleitkommando), Dr. Werner Kiewitz (Reichspräsidialrat in der Präsidialkanzlei des Führers und Reichskanzlers), dua orang tak dikenal, Hauptmann Gerhard Engel (Adjutant des Heeres beim Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), Putra Mahkota Michael I dari Rumania, dan SS-Gruppenführer Julius Schaub (Persönlicher Adjutant Führer und Reichskanzler)

 ---------------------------------------------------------------------------

TERAS

Adolf Hitler dan anak-anak


Cuplikan video berwarna yang berasal dari masa sebelum Perang Dunia II ini diambil di tempat peristirahatan Hitler di Berchtesgaden, Bavaria, dan memperlihatkan saat sang Führer menaiki mobil Mercedes-Benz 770K (W150) Tourenwagen, yang merupakan versi umum dari "Grosser Mercedes". Meskipun berjenis convertible (atap bisa dibuka-tutup) berukuran besar, beberapa dari kendaraan Mercedes jenis ini mendapat modifikasi lapis baja pula sebagai tambahan keamanan. 46 buah Tourenwagen dikirimkan pada para petinggi pemerintahan Nazi Jerman dalam periode 1938-1943 (termasuk untuk Hitler dan Göring serta para gubernur di wilayah pendudukan). Beberapa diantaranya, entah bagaimana caranya, berakhir menjadi milik pribadi segelintir jenderal terkemuka Wehrmacht, termasuk sang "Rubah Gurun" Erwin Rommel. Selain itu, Marsekal Finlandia Carl Gustaf Emil Mannerheim menjadi satu-satunya orang di luar Jerman yang mendapat kehormatan untuk mendapatkan mobil super mewah ini. Harga satu mobil ini sendiri setara dengan satu buah rumah gedong, atau sama dengan kurs satu juta euro di masa sekarang! BTW, untuk identifikasi orang-orang di sekeliling Hitler adalah sebagai berikut: perwira berseragam hitam Allgemeine-SS pertama yang menuruni tangga adalah SS-Sturmbannführer Dr. Karl Brandt (Begleitarzt beim Führer und Reichskanzler); perwira berseragam hitam Allgemeine-SS kedua yang membukakan pintu mobil adalah SS-Untersturmführer Hans-Hermann Junge (Ordonnanzoffizier Führerbegleitkommando); perwira berseragam abu-abu adalah Oberstleutnant Rudolf Schmundt (Chefadjutant des Heeres beim Führer und Oberbefehlshaber der Wehrmacht); perwira yang memakai seragam putih musim panas adalah SS-Obersturmführer Max Wünsche (Ordonnanzoffizier Führerbegleitkommando); dan yang duduk di belakang kemudian adalah SS-Sturmbannführer Erich Kempka (Chef des Kraftfahrwesens beim Führer und Reichskanzler)

 Dalam bulan-bulan terakhir sebelum pecahnya Perang Dunia II, intrik dan adu strategi diantara para tokoh-tokoh utama Nazi seakan memuncak, bahkan meluas sampai kode pakaian sipil apa yang harus dipakai dalam pertemuan-pertemuan rahasia tertentu! Disini kita melihat para petinggi SS dalam pakaian sipil (langka!) sedang sibuk membaca sebuah dokumen di teras Berghof, Obersalzberg, Berchtesgaden (tempat peristirahatan Hitler), bulan Mei 1939. Foto ini diambil dari rangkaian video yang dibuat langsung oleh Eva Braun, sang kekasih Hitler. Dari kiri ke kanan: Reichsführer-SS Heinrich Himmler, SS-Gruppenführer Reinhard Heydrich (Chef der Sicherheitsdienst), SS-Gruppenführer Karl Wolff (Chefadjudant der Reichsführer-SS und Chef des Hauptamtes Persönlicher Stab Reichsführer-SS), serta SS-Hauptsturmführer Hans Hendrik Neumann (Adjutant Chef der Sicherheitsdienst)


Adolf Hitler bersama dengan Fritz Darges (pangkat terakhir SS-Obersturmbannführer)



Foto terkenal yang diambil oleh Walter Frentz di Berghof Obersalzberg tahun 1942 ini memperlihatkan Adolf Hitler bersama dengan anjing gembala Jerman peliharaannya yang bernama Blondi. Nantinya Blondi akan melahirkan lima ekor anak anjing, dengan salah satu di antaranya menjadi favorit Hitler dan dinamakan dengan "Wolf" (sesuai dengan julukan Hitler sendiri). Pada bulan April 1945 anjing kesayangan Hitler ini dieksekusi di dalam Führerbunker menggunakan potasium sianida atas suruhan majikannya sementara anak-anaknya ditembak mati oleh perwira SS, semuanya demi mencegah mereka jatuh ke tangan pasukan Soviet yang sedang mendekati bunker Berlin!



 Orang-orang terdekat Hitler berkumpul di teras Berghof sambil ngadu huntu dan kompak mengenakan seragam putih musim panas. Dari kiri ke kanan: SS-Obersturmbannführer Prof.dr.med. Karl Brandt (Hitlers Begleitarzt); SS-Gruppenführer Julius Schaub (Chefadjutant des Führers Adolf Hitler); Dr. Albert Speer (Reichsminister für Rüstung und Kriegsproduktion); dan Prof. Heinrich Hoffmann (Reichsbilderstatter der NSDAP). Brandt dan Schaub sama-sama mengenakan seragam putih versi SS (Weißer Dienstrock für SS-Führer)


 
 
SS-Obergruppenführer und General der Waffen-SS Josef "Sepp" Dietrich (Kommandierender General I. SS-Panzerkorps "Leibstandarte") santai membaca koran Kuncung sambil ngobrol dengan Heinrich Hoffmann yang merupakan fotografer pribadi Adolf Hitler. Foto diambil di Berghof/Berchtesgaden musim semi tahun 1944. Dietrich mengenakan Kampfwagen-Erinnerungsabzeichen (World War I Tank Badge) di seragamnya. Dalam Perang Dunia Pertama dia memang pernah bertugas di 13. Bayerische Sturmpanzer-Kampfwagen-Abteilung sebagai seorang gunner, menggunakan tank Mk IV Inggris hasil rampasan (Februari-November 1918). Dietrich mencicipi pertempuran menggunakan tank tersebut dalam tiga pertempuran: Rheims (Juni 1918), Soissons (Juli 1918) dan Cambrai (Oktober 1918). Selain medali tersebut, terdapat juga Gemeinsames Flugzgeugführer- und Beobachter-Abzeichen in Gold mit Brillanten serta Goldenes Parteiabzeichen. Untuk baris pita medalinya yang panjang, kita bisa identifikasi baris atas (9 pita), dari kiri ke kanan: 1939 spange zum 1914 Eisernes Kreuz II.Klasse; Medaille "Winterschlacht im Osten 1941/42" (Ostmedaille); Bayerische Militär-Verdienstkreuz III.Klasse mit Krone und Schwerter; Österreich-Ungarn Tapferkeitsmedaille; Ehrenkreuz für Frontkämpfer 1914/1918; Schlesischer Adlerorden II.Klasse; Bayerische Dienstauszeichnung III.Klasse; serta dua buah Wehrmacht-Dienstauszeichnung. Baris bawah (9 pita): Dienstauzeichnungen der NSDAP in Silber; Dienstauzeichnungen der NSDAP in Bronze; Deutsche-Olympiaehrenzeichen II.Klasse; Medaille zur Erinnerung an den 13. März 1938; Medaille zur Erinnerung an den 1. Oktober 1938 mit Spange “Prager Burg"; Grande Ufficiale dell’Ordine dei Santi Maurizio e. Lazzaro (dengan dua mahkota); Grande Ufficiale dell’Ordine della Corona d’Italia (dengan tiga mahkota); Grande Ufficiale dell’Ordine Militare di Savoia (dengan dua mahkota); serta Ordinul "Coroana României" Mare Ofițer

---------------------------------------------------------------------------

 PINTU MASUK


 Foto ini diambil di Berghof Obersalzberg pada tanggal 27 Maret 1943 dan memperlihatkan, dari kiri ke kanan: Oberstleutnant Gerhard Engel (Adjutant des Heeres beim Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), SS-Untersturmführer Otto Günsche (Persönlicher Adjutant Adolf Hitler), Adolf Hitler (Führer und Oberster Befehlshaber der Wehrmacht), SS-Obergruppenführer und General der Waffen-SS Josef "Sepp" Dietrich (Kommandeur SS-Panzergrenadier-Division "Leibstandarte SS Adolf Hitler), dan NSKK-Gruppenführer Albert Bormann (Chef Hauptamt I: Leiter der Privatkanzlei des Führers in Führerkanzlei)

--------------------------------------------------------------------------- 

JALAN ANTARA BERGHOF DAN MOOSLAHNERKOPF TEEHAUS

  Adolf Hitler (Führer und oberster Befehlshaber der Wehrmacht) berjalan dengan bantuan tongkat diantara tumpukan salju bersama dengan Heinrich Himmler (Reichsführer-SS und Chef der Deutschen Polizei) di Berghof Berchtesgaden (Münich) tanggal 3 April 1944. Di belakang mereka adalah, dari kiri ke kanan: SS-Obersturmbannführer Fritz Darges (persönlicher SS Adjutant bei Adolf Hitler), SS-Hauptsturmführer Josef "Sepp" Kiermaier (persönlicher leibwächter bei Heinrich Himmler), perwira tak dikenal, dan SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS Hermann Fegelein (Verbindungsoffizier der Waffen-SS zum Führerhauptquartier). Foto ini diambil saat Hitler melakukan jalan-jalan rutin ke Mooslahnerkopf Teehaus (rumah teh) yang biasa dia lakukan tiap hari apabila sedang berada di Berghof, sebelum dia balik lagi menggunakan mobil. Mooslahnerkopf Teehaus sendiri adalah sebuah bangunan kecil yang berada tepat di seberang rumah peristirahatan sang Führer di Berghof, yang berbeda dengan rumah teh resmi yang berada di atas puncak Gunung Kehlstein. Mooslahnerkopf Teehaus dibangun pada tahun 1937 di sebelah utara wilayah tersebut, persis di bawah bukit Mooslahnerkopf dan menghadap lembah Berchtesgaden yang berada di bawahnya. Acara jalan-jalan semacam ini kadangkala memberi inspirasi bagi Hitler dalam mengeluarkan keputusan-keputusan politik pentingnya, meskipun seringkali Hitler memilih untuk bersantai - dan bahkan tidur siang - di dalam bangunan Teehaus-nya sendiri, dengan dikelilingi oleh para teman terdekat serta anakbuahnya. Apa yang disebut sebagai Eagle's Nest di Kehlstein kadangkala disebut sebagai "Rumah Teh Hitler", tapi hal ini secara teknis kurang tepat. Hitler tak pernah menjadikan Kehlsteinhaus sebagai rumah teh pribadinya, karena tempat yang dia pilih untuk dikunjungi setiap hari di Berghof adalah Mooslahnerkopf Teehaus. Foto ini sendiri diambil oleh fotografer Hitler yang berasal dari Luftwaffe, Walter Frentz, dan bisa jadi merupakan satu-satunya yang memperlihatkan saat sang pemimpin Nazi tersebut mengenakan kacamata hitam!


Sumber :
www.thirdreichcolorpictures.blogspot.com

www.warrelics.eu 
www.ww2colorfarbe.blogspot.com
www.ww2images.blogspot.com

No comments: